Jakarta (RakyatRukun.com) – Arti Hacker menurut situs Wikipedia adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, serta menerobos masuk ke dalam sistem komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan pribadi atau dimotivasi oleh tantangan.

Hacker dibagi menjadi 2 jenis yaitu Hacker atau White Hat Hackers yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari pada yang telah dirancang bersama tanpa merusak dan Cracker atau Black Hat Hackers yaitu peretas yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (defacing), menyisipkan kode-kode virus, dan menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusup serta merusak suatu sistem. Dalam dunia IT, Cracker merupakan hal yang paling ditakuti oleh para pengguna komputer.

Berikut 5 Cracker (Black Hat Hackers) berbahaya didunia :

  • Jonathan James

Pada usia 16 tahun jonathan james sudah mencoba melakukan hacking pada sistem sekolahnya di florida, tak cukup sampai disitu jonathan james mencoba membobol sistem keamanan departemen pertahanan milik Amerika Serikat. Bahkan Ia mampu menjebol sistem pertahanan NASA, jonathan james telah berhasil mencuri software NASA dan membuat NASA harus mematikan servernya selama tiga minggu dengan kerugian mencapai 600 juta rupiah.

  • Adrian Lamo

Adrian Lamo termasuk kategori Grey Hat yang artinya peretasan yang dilakukan sebagai tindakan yang merugikan orang lain ataupun demi keuntungan diri pribadi semata mata karena uang. Dimana ia berhasi meretas banyak sistem perusahaan besar seperti Yahoo, Microsoft, The New York Times dan lainnya, saat ia ditangkap karena membobol sistem tanpa izin, ia mengkalim bahwa aksinya merupakan bantuan bagi perusahaan untuk menemukan celah keamanan.

  • Albert Gonzalez

Albert Gonzalez adalah seorang hacker komputer dan komputer kriminal Amerika yang dituduh mendalangi gabungan pencurian kartu kredit dan menjual kembali dengan lebih dari 170 juta kartu ATM dan nomor rekening dari tahun 2005 hingga 2007 dan merupakan penipuan terbesar dalam sejarah (Fraud). Gonzalez dan kelompoknya menggunakan injeksi SQL untuk menyebarkan backdoors pada beberapa sistem perusahaan untuk bisa meluncurkan paket sniffing ( khusus , ARP Spoofing ) yang memungkinkan dia untuk mencuri data komputer dari jaringan internal perusahaan. Ia juga pernah dituduh sebagai dalang dari sekelompok hacker yang disebut kelompok Shadowcrew , yang memperjual-belikan lebih dari 1,5 juta kredit dan nomor kartu ATM yang dicuri.

  • Jim Geovedi

Hacker berbahaya satu ini ternyata berkebangsaan dan bertanah air Indonesia. Jim Geovedi bukan hacker Indonesia ecek-ecek yang meretas toko online atau situs negara biasa, hacker Indonesia yang satu ini mampu meretas satelit, Peretasan satelit ini dilakukan bukan atas dasar iseng namun karena Ia pernah menjadi pembicara atas isu keamanan satelit (BBC News – 2006). Jim mencoba mempelajari sistem dan proses kerja satelit hingga akhirnya Ia dapat melumpuhkan satelit tersebut. Bukan hanya meretas, Jim bahkan mengubah arah serta menggeser satelit yang Ia retas.

  • Kevin Mitnick

Kevin David Mitnick adalah seorang konsultan dan pembuatan keamanan komputer. Dia adalah salah satu hacker komputer yang kontoversial di akhir abad ke-20 yang merupakan kriminal komputer yang paling dicari di Amerika. Kevin mitnick merupakan legenda hidup hacker sekaligus cracker, selain pernah menyadap blackberry Obama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 potensi Ancaman Cyber yang perlu diperhatikan di tahun 2020 mendatang

Jakarta (RakyatRukun.com) – Perkembangan teknologi komputer telah membawa dunia mema…