Jakarta (RakyatRukun.com) – Serangan siber di Indonesia dipengaruhi dengan situasi politik yang terjadi. Seperti contoh, selama pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019,Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memetakan serangan siber yang masuk ke Indonesia meningkat. Berdasarkan catatan BSSN, selama kurun waktu 2018, wilayah kedaulatan Indonesia mengalami sekitar 232 juta percobaan serangan siber. Di antaranya sebanyak 122 juta serangan malware dan 16.000 jenis serangan inside dan outside. Kemudian, dirinya mengatakan, pada Mei 2019 yaitu dimana pelaksanaan Pemilu 2019 di Indonesia berlangsung, tercatat jenis serangan siber yang dikategorikan trojan dengan indikasi penyebaran malware mencapai 1,9 juta serangan.

Seperti yang dilansir oleh Detik.com, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyebut Indonesia mengalami jutaan kali serangan siber hingga bulan September 2019. Kendati demikian, BSSN mengaku serangan tersebut masih bisa diatasi. Kementerian Pertahanan RI yang merupakan pemangku kepentingan dibidang pertahanan siber melalui Cyber Operation Center (COC) memetakan jumlah serangan siber yang masuk ke Indonesia melalui enam titik sensor yang dimiliki Kemhan. Berdasarkan laporan harian monitoring COC Kemhan, rata-rata jumlah serangan siber yang dideteksi per bulannya adalah sebanyak 5.289.324 serangan. Terlihat dalam grafik jumlah serangan periode April-Juli 2019 merupakan bulan dengan serangan siber terbanyak dimana Pemilu 2019 berlangsung hingga pengumuman Presiden dan Wakil Presiden terpilih diumumkan.

Jumlah Serangan Siber Yang Masuk Ke Indonesia
(Sumber : Pusat Pertahanan Siber, Kemhan RI)

Selain dari memahami peta politik yang terjadi di Indonesia, strategi minimum perlu dilakukan oleh pemerintah dalam mewujudkan pertahanan siber yang handal sehingga mampu menahan serangan siber yang masuk baik dari nasional maupun internasional sekalipun. Berikut 5 kunci minimum pertahanan siber yang harus dimiliki (must-have) untuk mewujudkan pertahanan siber yang handal yang dirangkum dari Korea Information Security Agency.

Pelatihan Kesadaran Staf

Kesalahan manusia adalah penyebab utama dari pelanggaran data, jadi Anda perlu membekali staf dengan pengetahuan untuk menghadapi ancaman yang mereka hadapi.

Kursus pelatihan akan menunjukkan kepada staf bagaimana ancaman keamanan memengaruhi mereka dan membantu mereka menerapkan saran praktik terbaik untuk situasi dunia nyata.

Keamanan Aplikasi

Kerentanan aplikasi web adalah titik intrusi umum bagi penjahat siber.

Karena aplikasi memainkan peran yang semakin penting dalam bisnis, sangat penting untuk fokus pada keamanan aplikasi web.

Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan adalah proses melindungi kegunaan dan integritas jaringan dan data. Ini dicapai dengan melakukan tes penetrasi jaringan, yang memindai jaringan yang dimiliki untuk masalah kerentanan dan keamanan.

Komitmen Kepemimpinan

Komitmen kepemimpinan adalah kunci ketahanan dunia maya. Tanpa itu, sangat sulit untuk membangun atau menegakkan proses yang efektif. Manajemen puncak harus siap untuk berinvestasi dalam sumber daya keamanan siber yang sesuai, seperti pelatihan penyadaran.

Manajemen Kata Sandi

Hampir setengah dari populasi Inggris menggunakan ‘kata sandi’, ‘123456’ atau ‘qwerty’ sebagai kata sandi mereka. Organisasi harus menerapkan kebijakan manajemen kata sandi yang memberikan panduan untuk memastikan staf membuat kata sandi yang kuat dan menjaga keamanannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

WhatsApp Luncurkan Katalog Belanja Buat Pengguna di Indonesia

WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk pengguna di Indonesia. Fitur tersebut adalah katalog…