Banyumas Jadi Saksi Peresmian Monumen Pesawat Oleh Panglima TNI

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, meresmikan monumen pesawat legendaris Mig 17 Fresco di Alun-alun Banyumas. Diharapkan, monumen tersebut dapat menjadi sarana edukasi bagi generasi penerus.

“Mudah mudahan dengan kehadiran pesawat Mig 17 Fresco juga membawa berkah bagi masyarakat, terutama adalah untuk edukasi dan rekreasi di wilayah Alun-alun Banyumas,” kata Panglima Hadi Tjahjanto dalam sambutannya, Sabtu (6/4/2019).

Mig 17, kata Panglima, adalah pesawat bersejarah. Jenis pesawat ini menjadi salah satu armada tempur yang digunakanTNI pada waktu itu untuk merebut Irian Barat (Papua), bersamaan dengan Mig 19 dan Mig 21. Mig 17 adalah jenis pesawat pencegat yang mampu membuat Belanda takut hingga meninggalkan Papua.

“Di sini (pesawat yang dijadikan monumen) ada tanda 1118. 11 itu adalah nama skadron yang ditempati oleh pesawat Mig 17 ini. 11 menandai bahwa pada waktu itu tahun 55-56 Indonesia baru 11 tahun merdeka dan kita baru memiliki satu skadron pesawat tempur. 18 adalah nomor urut dari pesawat,” ujarnya dikutip dari detik com.

Pesawat buatan Mikoyan Gurevich, Rusia, itu sebelumnya dibawa menggunakan jalan darat dari Lanud Abdulrahman Saleh Malang pada akhir tahun 2017 lalu. Pada masanya, Indonesia mempunyai 49 jenis MIG antara lain MIG 15 Fogot, Mig 17 Fresco, MIG 21 Fishbed dan TU 16. Semua pesawat ini selesai pengabdiannya tahun 1969.

Peresmian monumen pesawat legendaris di Alun-alun Banyumas tersebut juga dihadiri oleh Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi dan sejumlah tokoh sipil setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kementerian Pertahanan Gelar Pameran Industri Pertahanan, Menhan Gandeng Perusahaan Swasta

Jakarta (RakyatRukun.com) – Dilansir dari laman Detik.com, Kementerian Pertahanan (K…