Bersiaplah untuk Wisata 1.000 Topeng di Museum Budaya Malang

Dikutip dari detik.com, Ada sebuah museum di Kabupaten Malang yang akan memanjakan pencinta budaya dan menjadi tempat belajar sejarah Tanah Air. Sayangnya, tempat yang bernama Museum Budaya itu belum dibuka secara resmi untuk umum. Aneka ragam karya budaya Tanah Air bisa ditemui di Museum Budaya komplek wisata Hawai Water Park di Perum Graha Kencana Raya, Singosari, Kabupaten Malang. Di museum itu pengunjung akan disuguhi ribuan topeng bernilai sejarah dan terakota peninggalan masa lampau. Harapannya, museum itu menjadi destinasi wisata edukasi bagi pelajar dan generasi milenial. Menurut Yogie, setidaknya ada 1.000 topeng yang sudah menjadi koleksi Museum Budaya. Mulai dari topeng panji, wayang kulit, wayang golek yang merupakan asli Indonesia hingga wayang potehi yang menjadi bagian budaya nusantara.

Set wayang kulit di Museum Budaya/Set wayang kulit di Museum Budaya/ Foto: Muhammad Aminudin

Museum Budaya akan menjadi satu paket wisata pengunjung Hawai Water Park. Ribuan koleksi topeng dipajang berjajar beserta nama-namanya. Sehingga mudah bagi pengunjung mengenali satu per satu dari lakon topeng bernilai sejarah itu. Museum Budaya juga dihadirkan sebagai wujud kemajuan kebudayaan Indonesia. Seperti tercantum dalam Undang-Undang No 5 Tahun 2017 yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kurator Museum Budaya Cyntia Handy mengungkapkan, koleksi yang dimiliki nantinya bukan hanya terpaku kepada topeng saja. Melainkan benda-benda bersejarah yang menjadi jejak perjalanan kebudayaan dari era Singosari, Kediri, Majapahit dan sampai menjangkau seluruh kebudayaan di seluruh Indonesia. Termasuk penyebaran agama Islam oleh Wali Songo.

Dengan banyaknya kebudayaan di Indonesia, kita semakin tersadarkan akan keberagaman bangsa kita. Indonesia memiliki sangat banyak suku dan kebudayaan. Dengan adanya acara pameran kebudayaan, kita mampu mengenal satu kebudayaan dengan kebudayaan lain. Indonesia memang unik, mampu menyatukan berbagai macam perbedaan, dengan selalu bersatu. Maka dari itu, rasa persatuan dan kesatuan memang harus selalu ada di dalam diri kita. Semoga kita tidak terpecah belah dengan pilpres yang akan kita hadapi besok, tetapi kita tetap selalu bisa bersatu walaupun dengan berbagai macam perbedaan yang ada diantara kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Wamenhan : perang di masa datang akan didominasi oleh kekuatan Teknologi Informasi.

Jakarta (RakyatRukun.com) – Dikutip dari  Situs Kementrian Pertahanan (Kemhan) pada …