Indonesia memang dikenal memiliki beragam keindahan alamnya yang mempesona. Baik yang terpampang jelas maupun yang tersembunyi keberadaanya sama-sama menyihir mata orang yang memandang. Baru-baru ini viral di media sosial dengan negeri di atas awan. Lokasinya terletak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, lebih tepatnya negeri di atas awan Gunung Luhur yang terletak di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber. Destinasi wisata ini kini ramai dikunjungi oleh ribuan orang yang sebelumnya tersembunyi dari jangkauan manusia.

Desa tersebut masuk di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Pesona yang ditawarkan destinasi tersebut yakni panorama hamparan awan yang dapat dilihat dari atas gunung. Meskipun disebut gunung, namun ketinggian Gunung Luhur hanya 901 di atas laut (Mdpl). Namun, bagi wisatawan yang ingin menikmati hamparan awan di Gunung Luhur harus sudah berada di lokasi antara pukul 05.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB.

Setelah ramai dikunjungi wisatawan baik dari luar provinsi bahkan luar negeri, pemerintah setempat akan membangun masjid di lokasi tersebut. Berikut fakta dibalik negeri di atas awan Gunung Luhur:

1. Ditemukan pekerja yang tengah memperbaiki jalan

Dilansari oleh regional.kompas.com, salah satu pengelola Gunung Luhur, Sukmadi mengatakan, negeri di atas awan pertama kali ditemukan oleh pekerja yang tengah memperbaiki jalan provinsi yang menghubungkan Lebak utara dan selatan pada Bulan September 2018. Setelah sempat viral di media sosial, satu persatu pengunjung pun mulai datang, dan mereka menjuluki Gunung Luhur sebagai negeri di atas awan.

2. Ramai dikunjungi setiap akhir pekan

Sejak viral di media sosial, jumlah pengunjung negeri di atas awan Gunung Luhur mencapai ribuan orang setiap akhir pekan. Sukmadi mengatakan, peningkatan pengunjung mulai terjadi sejak Juni atau setelah Lebaran Idul Fitri. Pada pekan kedua bulan Juni, tercatat 3.248 orang mengunjungi Gunung Luhur.

Masih dikatakan Sukmadi, jika pengunjung membludak, negeri di atas awan Gunung Luhur akan tampak seperti lautan manusia. Namun tetap tidak mengurangi pesona negeri di atas awan lantaran ada banyak spot untuk melihat hamparan awan di Gunung Luhur.

3. Akan dibangun masjid

Setelah ramai dikunjungi wisatawan, objek wisata negeri di atas awan Gunung Luhur di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, akan dibangun masjid. Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, Gunung Luhur nantinya akan memiliki masjid seperti Masjid Atta’awun di kawasan Puncak, Jawa Barat. Hal ini lantaran tak ingin dijadikan tempat maksiat.

Dikatakan Wahidin, beberapa pekan ke belakang ini, objek wisata Gunung Luhur banyak dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dengan panorama hamparan awan. Pengunjung tidak hanya datang dari wilayah Banten saja, tapi dari luar provinsi hingga ada wisatawan dari luar negeri yang juga penasaran dengan keindahan negeri di atas awan Gunung Luhur. Lantaran banyak pengunjung, maka fasilitas di Gunung Luhur harus dibuat lengkap. Salah satunya adalah dengan pembangunan masjid. Jangan sampai di sana jadi tempat maksiat. Akan sangat indah ada suara azan di puncak gunung itu.

4. Cocok untuk liburan akhir pekan

Tempat wisata di Banten ini pun cocok buat liburan akhir pekan. Traveler dari Jakarta bisa mencapainya dalam waktu sekitar 3 jam saja. Ketika berada di Negeri di Atas Awan, Anda akan melihat hamparan awan yang bak lautan luas di atas gunung. Bahkan, potret Negeri di Atas Awan ini sempat diabadikan oleh seorang pengguna akun Instagram dalam sebuah video. Video yang diambil menggunakan drone tersebut memperlihatkan pesona Negeri di Atas Awan hampir secara keseluruhan.

Dari beberapa sudut, Negeri di Atas Awan terlihat begitu memukau. Di puncak Gunung Luhur tersaji keindahan lautan awan yang memanjakan mata. Sisi lain dari Negeri di Atas Awan juga bisa dilihat dari tanjakan menuju puncak gunung. Anda bisa jalan-jalan santai atau sekadar duduk manis sambil menikmati pesona Negeri di Atas Awan di puncak Gunung Luhur. Kawasan Negeri di Atas Awan ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Mulai dari tanjakan rata hingga rest area yang bisa digunakan untuk bersantai dengan teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PANGAN DAN PERTAHANAN NEGARA

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran. Tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapa…