Jakarta, RakyatRukun.com – Pada Selasa, 9 April 2019, ini Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) berulang tahun yang ke-73. Sejak diresmikan pada 9 April 1946 silam, dinamika terus berkembang.

Seperti yang dilansir dari Angkasareview.com, Pada tahun 1960-an, TNI AU pernah menjadi kekuatan terbesar di belahan Selatan, hal yang sekarang justru kita impikan lagi apabila negara memandang potensi musuh dari luar selalu ada dan setiap saat mengintai.

Tidak mudah untuk melengkapi kekuatan tempur udara yang dibutuhkan guna menjaga negeri seluas 1,905 juta km2. Pemerintah perlu lebih serius lagi untuk memperhatikan masalah ini.

Peringatan Tahun Ini Menjadi Berbeda Dari Tahun Sebelumnya

Peringatan Hari Jadi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada hingar bingar berupa Drumband Gita Dirgantara Akademi Angkatan Udara, defile pasukan, atraksi terjun payung, atraksi kemampuan Korps Baret Jingga, flypast seluruh jenis pesawat, atraksi dogfight jet tempur, simulasi serangan udara langsung, aksi pembebasan sandera, aksi SAR Tempur, maupun aksi memukau Jupiter Aerobatic Team.

Semua karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan, di mana Indonesia dan negara-negara lain di dunia saat ini sedang menghadapi wabah virus corona yang sangat mematikan yang telah merenggut puluhan ribu jiwa manusia di seluruh dunia.

Dunia sedang berduka, dunia sedang berjuang melawan COVID-19. Dunia sedang menyelamatkan nyawa manusia.

Seluruh aktivitas manusia di muka bumi, terutama di kota-kota besar dibatasi. Masyarakat pun diharapkan tinggal di rumah untuk sementara.

Khususnya, dalam memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas anugerah yang telah dilimpahkan, berupa kemampuan dan keberlangsungan melaksanakan tugas luhur bangsa yang telah diamanatkan kepada TNI AU, yaitu:

  • Melaksanakan tugas TNI matra udara di bidang pertahanan.
  • Menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi.
  • Melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara.
  • Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara.

Dirgahayu TNI Angkatan Udara, Selamat Berulang Tahun ke-74.

Tetap Jaya di Udara menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta.

Swa Bhuwana Paksa! Sayap Tanah Air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PANGAN DAN PERTAHANAN NEGARA

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran. Tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapa…