Jakarta (RakyatRukun.com) – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, dua dari sembilan warga negara Indonesia (WNI) kru kapal Diamond Princess telah dinyatakan sembuh dari virus corona ( Covid-19).

Hal ini disampaikan Yurianto dalam acara Satu Meja bertajuk “Perang Melawan Virus Corona” di Kompas TV, Rabu (4/3/2020).

Yurianto mengatakan, dua WNI yang dinyatakan sembuh itu sudah bisa dipulangkan ke Tanah Air.

“ABK Diamond Princess terakhir kita dapatkan sembilan yang positif (corona), satu sudah boleh pulang, dan dijemput bersama kelompok yang besar kemudian. Hari ini saya sudah mendengar lagi, satu lagi sudah keluar dari rumah sakit, sementara masih di hotel menunggu penerbangan besok,” kata Yurianto.

Yurianto mengatakan, kondisi kru kapal Diamond Princess yang terjangkit virus corona dalam keadaan baik.

Menurut dia, dalam waktu dekat ada dua WNI yang akan diperiksa untuk kedua kalinya guna memastikan sembuh dari virus corona.

“Kemudian ada dua yang jadwalnya akan diperiksa untuk yang kedua kalinya. Mudah-mudahan sudah bagus sehingga sudah bisa pulang,” ujarnya yang dikutip dari kompas.com.

Lebih lanjut, Yurianto menjelaskan, pasien virus corona dinyatakan sembuh apabila sudah diperiksa dua kali dalam durasi waktu lima hari dan dua hari. “Lima hari, kemudian dua hari setelah itu,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan bahwa sembilan WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) Diamond Princess dirawat dengan baik oleh otoritas Jepang.

Dari sembilan WNI itu, lima orang di antaranya dirawat di rumah sakit, sedangkan empat orang sisanya masih di kapal.

“Sembilan WNI dirawat baik oleh Jepang. Sembilan itu baru demam-demam. Buat saya, mereka dirawat dengan baik dan dalam kondisi yang tidak berat,” ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

“RS yang merawat kelasnya Jepang lho, bukan kelasnya kita. Artinya, Jepang otomatis nek ngerawat bagus,” kata dia.

Sementara itu, pemerintah telah mengevakuasi 69 WNI di kapal Diamond Princess yang menjadi episentrum baru penyebaran virus corona.

Mereka dievakuasi pada Minggu (1/3/2020). Kapal tersebut bersandar di Yokohama, Jepang. Pasca-evakuasi, mereka diobservasi selama 14 hari di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak Gejala Orang yang Terinfeksi Corona dan Bagaimana Pencegahannya

Jakarta (RakyatRukun.com) – Penyebaran virus Corona semakin meluas dan menjadi perma…