Gaya Nyentrik Jokowi. Dari Kaos hingga Sarung

Apa yang terlintas di benak Anda ketika melihat penampilan Jokowi? Jokowi memang dikenal dengan pria sederhana. Gaya pakaiannya pun tidak pernah perlente. Meskipun demikian, gaya dandan pria kelahiran Solo ini selalu menyita banyak perhatian. Sikap dan tampilannya yang sederhana adalah salah satu cara untuk bisa dekat dengan rakyatnya.

Pada banyak kesempatan, Jokowi sering memakai pakaian santai. Jarang sekali Ia terlihat menggunakan baju mewah yang menunjukkan kesan “orang besar”. Saat masa kampanye pilpres 2019, kemeja putih polos dan celana jeans menjadi andalannya. Bahkan tak jarang Jokowi hanya menggunakan kaos santai dan jaket bomber dengan perpaduan sepatu sneakers kegemarannya.

Tetapi, ada yang menarik dari setiap baju yang Ia kenakan. Baik kemeja ataupun kaos berlengan panjang selalu dilipatnya hingga ukuran ¾ lengan. Setiap kegiatan blusukan hingga kampenya, Jokowi mengenakan baju santai namun tetap trendi. Meskipun begitu, Jokowi tetap berwibawa dan disegani sebagai Presiden RI. Ala berpakaian Jokowi yang selalu menyingsing lengan bajunya tersebut seolah menunjukan kepribadian muda, aktif, dan fleksibel.

Berikut Rakyat Rukun rangkum beberapa momen Jokowi ketika mengenakan outfit nyentrik yang menjadi trend tersendiri di kalangan milenial.

Memadukan celana jeans dengan kemeja putih

Kemeja putih lengan panjang yang digulung hingga sebatas ¾ lengan serta dipadukan dengan celana jeans menjadi andalan Jokowi ketika melakukan blusukan ke daerah-daerah. Tampilannya ini dilengakapi dengan sepatu sneakers yang membuatnya terlihat makin muda dan aktif. Jokowi mengatakan bahwa Ia suka memakai sneakers karena selain enak dipakai juga ringan sehingga gerakan menjadi lebih lincah dan gesit.

Kaos berlengan panjang

Dalam salah satu momen kampanyenya, Jokowi terlihat sangat muda dengan kaos putih bertuliskan “Alumni Jogja Satu Indonesia”. Di momen itu, dia sebetulnya mengenakan boomber jacket yang kemudian dia lepas dan terlihat di sana raut bahagia wajahnya terpancar di depan para rakyat yang mendukungnya. Meskipun kaos yang Ia kenakan berlengan panjang, namun seperti kebiasaannya menggulung lengan kaos tersebut hingga ¾.

Jokowi juga beberapa kali hadir dengan pakaian sangat santai. Seperti yang satu ini, Pada momen peresmian kereta bandara, Jokowi bahkan tidak mengenakan jas atau kemeja putihnya. Dia mengenakan celana jeans yang dipadukan dengan atasan kaos merah marun lengan panjang yang digulung ¾. Sepertinya Jokowi memiliki sederet koleksi kaos berlengan panjang dengan aksen lengan ¾ yang nyaman Ia gunakan. Gayanya membaur seperti rakyat biasa dan begitulah sosok Jokowi yang sangat sederhana dan merakyat.

Jaket Bomber

Jaket yang menjadi trend di kaum milenial ini dimulai saat Presiden Jokowi mengadakan jumpa pers menanggapi aksi demo 4 November 2016 pada Sabtu (5/11/2019). Jaket yang Ia kenakan ini rupanya jadi perhatian banyak masyarakat dan menjadi tren di dunia maya maupun kalangan masyarakat Indonesia. Presiden Jokowi pun akhirnya buka suara, bahwa jaket yang dikenakannya dan menjadi viral tersebut merupakan jaket anaknya. Sontak masyarakat khususnya kalangan milenial banyak mencari jaket bomber seperti yang Ia kenakan. Booming jaket Boomber Jokowi pun dimanfaatkan banyak penjual pakaian online untuk memasarkan jaket anak muda tersebut.

Kemaja Kotak-kotak Merah

Outfit ini menjadi andalan ketika Jokowi sedang berlaga menjadi Gubernur DKI Jakarta bersama Basuki Tjahya Purnama (Ahok). Kemeja ini menjadi ciri khas Jokowi saat pertama kali dikenal masyarakat DKI Jakarta. Trend kemeja kotak-kotak ini juga menjadi ladang bagi para pedagang baju. Banyak yang kemudian mencari kemeja tersebut sekedar untuk fashion atau sebagai bentuk dukungan bagi Jokowi-Ahok.

Kenakan sarung dan peci hitam

Gaya busana Presiden Jokowi kembali menjadi sorotan ketika melakukan kunjungan ke Pekalongan, Jawa Tengah pada awal tahun 2017. Cara berbusana Jokowi ramai diperbincangkan publik, terutama kalangan pengguna media sosial usai terlihat mengenakan sarung warna cokelat muda berpadu jas serta peci hitam sejak turun dari pesawat kepresidenan. Selain itu Jokowi juga dengan santai menggunakan sandal selop untuk melengkapi penampilannya. Presiden kemudian bertemu dengan tokoh agama ternama di kota batik yaitu Habib Luthfi bin Yahya dan duduk bersama di acara Maulid Nabi Muhammad. Ia bahkan menerima penghormatan dari para awak pesawat Kepresidenan dengan penampilan yang nyentrik itu.

Busana santai ala Jokowi, memang sudah terlihat sejak dirinya masih menjadi pengusaha mabel di Solo. Terlihat seperti gambar di bawah ini, Ia mengenakan kemaja putih yang dipadukan dengan celana jeans. Kemejanya pun dimasukkan ke dalam celana yang dipadukan dengan ikat pinggang. Ia terlihat menggulung lengan kemejanya seperti yang kerap ia lakukan sekarang.

Kemeja putih lengan panjang dan celana hitam sangat melekat dengan sosoknya yang sederhana. Jokowi mengatakan, kemeja putih yang biasa ia gunakan telah menjadi ciri khasnya. Ia mengaku ingin tetap menggunakan kemeja putih lantaran lebih murah dibandingkan kemeja lainnya. Apapun yang dilakukan seorang presiden pasti sering menyita perhatian publik. Tidak hanya kegiatan, melainkan juga gaya berpenampilan. Dalam sejarah presiden di Indonesia, Joko Widodo menjadi salah satu presiden yang termasuk sederhana dan terkadang nyentrik dalam berpakaian. Tentunya gaya berpenampilan Jokowi ini justru menjadi ciri khasnya, bahkan sering menjadi tren di Indonesia. Sebut saja kemeja kotak-kotak atau jaket bomber yang pernah viral di kalangan anak muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PANGAN DAN PERTAHANAN NEGARA

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran. Tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapa…