Gunakan Hak Pilih Anda 17 April Mendatang

Pemilu 2019 tanggal 17 April 2019 tinggal 2 hari lagi. Dalam 2 hari ini apakah Anda sudah siap menggunakan hak pilih dan mantap menentukan pilihan Anda?

Dalam debat Pilpres 2019 edisi kelima pada hari Sabtu (13/4) lalu, sempat viral atas pernyataan penutup dari calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno. Sandiaga mengajak masyarakat untuk datang ke TPS pada tanggal 17 April mendatang karena TPS artinya adalah Tusuk Prabowo Sandi. Sandiaga mengucapkannya sampai 13 kali.

“Rabu 17 April Tusuk Prabowo Sandi”, katanya. Kalimat yang cukup mampu meracuni masyarakat untuk menentukan pilihan kepada nomor urut 02.

Sedangkan dalam pernyataan penutupnya Jokowi menyampaikan bahwa bukan kesulitan yang buat kita takut. Tapi ketakutanlah yang membuat kita  jadi sulit. “Jadi jangan pesimis, jangan menyerah”, pesan Jokowi di akhir debat.

Jika demikian, sudah selayaknya masyarakat Indonesia saat ini siap menentukan pilihannya dalam Pemilu tanggal 17 April mendatang. Belajar dari pengalaman WNI yang telah mengikuti Pemilu di luar negeri, warga negara di Indonesia bisa mendapat pelajaran yang baik untuk diterapkan pada hari Rabu nanti di TPS (Tempat Pemungutan Suara) setempat.

Rakyat Rukun memberikan beberapa tips dan trik agar proses pencoblosan Anda nanti berjalan lancar di TPS nanti berdasarkan pengalaman dan sumber berita lainnya yang dirangkum:

  1. Mulai hari ini cek kembali status kamu di Pemilu 2019 pada laman situs www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Melalui laman ini Anda bisa mengetahui lokasi TPS nanti hanya dengan memasukkan nama dan NIK.
  2. Jika sudah tahu lokasi TPS, pastikan Anda telah menerima undangan nyoblos C6 dari petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) atau hubungi Ketua RT setempat jika belum menerima.
  3. Jika nama Anda tidak terdaftar di DPT dan belum masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), maka Anda tetap dapat datang ke TPS sebagai Daftar Pemilih Khusus (DPK) dengan membawa KTP Elektronik Anda. Namun perlu diingat, warga yang masuk DPK tidak bisa pindah memilih di luar alamat yang tertera di e-KTP. Waktu memilih bagi DPK adalah satu jam terakhir sebelum TPS ditutup yaitu pukul 12.00-13.00 waktu setempat, asalkan surat suara masih tersedia.
  4. Bagi DPT, pada saat hari pencoblosan tanggal 17 April, pastikan Anda membawa serta Undangan C6 dan KTP elektronik Anda.
  5. Waktu pencoblosan dimulai pada pukul 07.00 – 13.00 WIB. Bagi para DPT, usahakan untuk hadir pagi untuk menghindari antrian panjang, karena menjelang siang hari biasanya TPS dipenuhi oleh para DPTb dan DPK yang ingin menggunakan hak suaranya.
  6. Usahakan untuk mencoblos surat suara yang berwarna Abu-abu (Surat untuk Presiden dan wakil Presiden) terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan surat suara lainnya. Hal ini untuk menghindari kebingungan, karena surat suara Abu-abu hanya terdapat 2 pasangan calon, berbeda dengan surat suara lainnya yang terdiri dari banyak nama calon.
  7. Berdasarkan pengalaman, jika Anda belum mengenal dengan jelas calon DPR-RI, DPRD Kota dan DPRD Daerah, Anda dapat mencoblos pada gambar partainya saja tanpa mencoblos nama calon. Daripada salah menentukan pilihan, sebaiknya sertakan suara Anda untuk suara partainya saja.
  8. Namun jika Anda telah memiliki pilihan untuk kelima jenis surat suara pastikan surat suara Anda tercoblos dengan benar, untuk menghindari surat suara tidak sah.
  9. Jangan mau diintervensi oleh pihak-pihak tertentu mengenai pilihan yang akan kamu tentukan. Segera laporkan ke panitia setempat!
  10. Anda telah selesai menggunakan hak suara jika jari kelingking Anda sudah mendapat cap biru dari TPS. Jadi jangan sampai Golput ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…