Hanya Gunakan E-KTP Bisa Langsung Nyoblos

Polemik mengenai banyaknya warga yang belum masuk ke Daftar Pemilih Tetap (DPT) daerah masing-masing merupakan sebuah pekerjaan rumah bagi Komisi Pemilihan Umum untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Banyaknya warga yang belum masuk ke DPT dikhawatirkan memperbesar jumlah pemilih yang masuk kegolput. Dengan semakin dekatnya tanggal Pemilu serentak maka pemerintah dalam hal ini DPR dan KPU bergerak cepat untuk menjamin  hak pilih dari warga yang sudah memiliki E-KTP.

Dikutip dari Detik.com KPU bersama Komisi II DPR, Kemendagri dan Bawaslu menggelar rapat bersama berkaitan dengan persiapan Pemilu 2019. Hasil rapat tersebut salah satunya adalah menyepakati penggunaan E-KTP untuk warga yang namanya tidak masuk kedalam DPT.  Sehingga permasalah mengenai warga yang belum masuk ke dalam DPT dapat terjamin hak suaranya.

Wakil Ketua Komisi II Fraksi PKB Nihayatul Wafiroh mengatakan “Komisi II DPR RI, KPU, dan Bawaslu sepakat bahwa masyarakat yang tidak terdaftar di DPT boleh menggunakan hak pilihnya hanya menggunakan e-KTP,” dalam pembacaan hasil kesimpulan rapat di gedung DPR, Senayan, Jakarta. Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan bahwa mekanisme penggunaan E-KTP untuk Pemilu 2019 adalah digunakan sesuai TPS masing-masing domisili.

Penggunaan e-KTP untuk mengikuti Pemilu 2019 ini masuk dalam kategori Daftar Pemilih Khusus (DPK). Kemudian penggunaan e-KTP untuk mengikuti Pemilu 2019 hanya diberikan pada waktu satu jam terakhir pada saat pencoblosan. Dan persyaratannya adalah membawa surat perekaman e-KTP dan membawa e-KTP kelokasi pencoblosan sesuai domisili masing-masing warga.

Dengan disepakatinya penggunaan e-KTP sebagai solusi untuk warga masyarakat yang namanya belum masuk ke DPT diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu Serentak 2019. Sehingga dapat juga memperkecil angka kumungkinan pemilih yang golput. Sehingga dapat terjaminnya hak pilih warga masyarkat dalam Pemilu Serentak 2019.  Hal tersebut juga yang diinginkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menarik jumlah masyarakat yang memberikan hak pilihnya di TPS masing masing daerah.

Dan untuk yang sudah memiliki KTP dan masuk ke DPT diharapkan memberikan suaranya dalam Pemilu Serentak 2019 ini.  Karena memberikan hak suara dalam pemilu merupakan salah satu andil bagi kita warga Indonesia untuk menentukan masa depan bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…