Hasil Pemilu Tidak Ditentukan Server KPU

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Wahyu merupakan alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Ia lulus pada 1997. Pada 2007, Wahyu menyelesaikan Program Pascasarjana Ilmu Administrasi di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto.

Pria kelahiran Banjarnegara 5 Desember 1973 tersebut mengatakan server KPU bukan alat untuk menghitung hasil akhir Pemilu. Server KPU dipergunakan hanya untuk menyimpan hasil penghitungan yang akan dipublikasikan kepada masyarakat.

“Hasil Pemilu tidak ditentukan server KPU. Hasil Pemilu ditentukan proses manual berjenjang mulai TPS, PPK, kabupaten/kota, provinsi dan terakhir rekapitulasi tingkat nasional. Jadi tidak terkait langsung antara hasil Pemilu dengan server KPU,” ujar Wahyu kepada Tempo di Jakarta, Selasa, 9 April 2019.

Menurut dia, tuduhan-tuduhan seperti server KPU bisa diatur untuk memenangkan salah satu kandidat itu tidak masuk akal.

“Server KPU sebagai alat bantu dalam rangka memberikan informasi yang cepat kepada masyarakat (real count) terkait hasil Pemilu. Jadi informasi dari server KPU bukan hasil resmi KPU,” katanya yang di kutip dari tempo.co.

Yang dimaksud pemberian informasi cepat tersebut ialah, ketika proses penghitungan sementara, KPU akan secara bertahap memasukkan perolehan suara di situs milik mereka yang bisa diakses masyarakat.

“Karena kalau mengandalkan proses manual butuh waktu satu bulan. Masyarakat tentu saja kalau harus menunggu satu bulan sementara ada teknologi informasi ya kita manfaatkan itu untuk menentukan real time hasil pemilu,” katanya.

Ia menyebutkan, server KPU disimpan di Jakarta. Hal tersebut membantah bahwa server KPU berada di luar negeri.

“Tidak ada server KPU yang disimpan di luar negeri. Semua server ada di dalam negeri, tepatnya di Jakarta dan sekitarnya. Dan ditangani anak-anak putra putri bangsa Indonesia,”’ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PANGAN DAN PERTAHANAN NEGARA

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran. Tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapa…