Jakarta, RakyatRukun.com – Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan panduan kenormalan baru (new normal) kepada pekerja agar tetap produktif dan aman dari Covid-19. Tak hanya Indonesia, seluruh dunia pun bersiap menghadapi era kenormalan baru ini. Kita harus mampu beradaptasi dengan kebiasaan yang baru, harus lebih meningkatkan kedisiplinan kita untuk hidup bersih dan menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari demi keberlangsungan hidup.

Karena kita akan menyongsong masyarakat produktif namun tetap aman dari Covid-19, penting bagi kita untuk melengkapi diri dengan “amunisi andalan” dalam melindungi diri dari ancaman virus, apalagi buat pejuang nafkah keluarga. Apa aja sih yang harus disiapin?

1. Wajib gunakan masker dan siapkan masker cadangan

2. Sabun tangan cair dan hand sanitizer

3. Alat makan dan botol minum

4. Tisu kering dan tisu basah antiseptik

5. Perlengkapan ibadah

6. Jangan lupa kantong untuk peralatan bekas pakai

7. Alat bantu membuka pintu

Selain “starter pack” di atas, juga harus siapkan helm pribadi bila harus menggunakan layanan ojek. Sedikit ribet tapi ini harus menjadi kebiasaan baru kita.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berangkat, tiba dikantor dan saat tiba di rumah yang dirangkum dari panduan kenormalan baru dari Kementerian Kesehatan antara lain:

Sebelum Berangkat ke Kantor

Selalu gunakan masker dan pastikan dalam kondisi sehat. Jika ada keluhan batuk, pilek , demam tetap tinggal di rumah. Upayakan mengenakan lengan panjang. Jika terpaksa menggunakan transportasi umum tetap jaga jarak dengan oranglain minimal 1 meter. Upayakan tidak terlalu sering menyentuh fasilitas umum, gunakan hand sanitizer dan gunakan helm sendiri.

Tidak menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan tetapi menggunakan tissue bersih jika terpaksa. Upayakan membayar secara non tunai, jika terpaksa menggunakan uang gunakan handsanitizer sesudahnya.

Tiba di Kantor

Saat tiba dikantor segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Gunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lift. Tetap menggunakan masker dan tidak berkerumun saat menggunakan lift serta posisi saling membelakangi. Untuk sementara tidak menggunakan absensi finger print dan bersihkan meja/area kerja dengan disinfektan. Upayakan tidak sering menyentuh fasilitas/peralatan yang dipakai bersama di area kerja. Gunakan handsanitizer setelah menyentuh fasilitas umum kantor. Usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruangan kerja dan selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di tempat kerja.

Saat Tiba di Rumah

Saat tiba di rumah upayakan tidak bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri dengan mandi dan mengganti pakaian.  Cuci pakaian dan masker dengan deterjen. Masker sekali pakai agar sebelum dirobek supaya dibersihkan terlebih dahulu dengan disinfektan. Hal ini bertujuan agar tidak mencemari pengelola sampah. Jika dirasa perlu, bersihkan gawai, kacamata dan tas dengan disinfektan. Tetap menerapkan perilaku sehat dan bersih di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Aksi Bela Negara Peduli Covid-19, Kemhan Kirim Makanan Ke Tenaga Medis

Jakarta, RakyatRukun.com – Kementerian Pertahanan dan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk…