Setelah melalui perjalanan panjang, perhitungan suara Pilpres 2019 akhirnya selesai. Getar getir masyarakat akan presiden selanjutnya terjawab sudah. Dan seperti yang telah diduga, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan pasangan Jokowi-Ma’ruf memenangkan laga pertandingan. Selasa pagi, 21 Mei 2019, KPU secara resmi telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara secara nasional dari seluruh provinsi. Penetapan dilakukan pukul 01.46 dini hari. Penetapan hasil rekapitulasi pemilu 2019 dibacakan oleh Komisioner KPU, Evi Novida.

Menurut Evi, pada pilpres 2019, suara sah tercatat sebanyak 154.257.601. Berdasarkan hasil rekapitulasi, pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin meraup 85.607.362 suara atau 55,5 persen. Sementara pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat sebanyak 68.650.239 suara atau 44,5 persen. Berdasarkan hasil rekapitulasi, selisih suara antara pasangan Jokowi-Amin dengan Prabowo-Sandi sebesar 16.957.123 suara atau 11 persen.

Hasil pilpres itu ditetapkan dalam keputusan nomor 987. Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri atas perolehan suara di 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN). Seperti diketahui, Jokowi-Ma’ruf unggul di 21 provinsi. Sementara itu, 13 provinsi lainnya dikuasai pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Untuk itu, Jokowi berhasil mempertahankan gelarnya sebagai Presiden Republik Indonesia. Hal ini mengantarkannya kepada 2 kali periode kepemimpinan. Berbagai rekam jejak perubahan dan pembangunan telah Ia lakukan semasa menjabat 2014-2019. Akankah kali ini Jokowi kembali melakukan gebrakan untuk memajukan tanah air Indonesia?

Pada masa kampenya lalu, masing-masing capres saling melontar janji kepada masyarakat. Bagaimanakah janji-janji Jokowi jika Ia terpilih kembali menjadi presiden? Berikut janji Jokowi yang rakyatrukun.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kemiskinan turun dan kartu sembako murah

Jokowi bersyukur karena untuk pertama kalinya kemiskinan di Indonesia kini telah turun hingga di bawah 10 persen. Menurut dia, angka ini merupakan angka terendah dalam sejarah Indonesia. Angka kemiskinan akan terus diturunkan dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan harga bahan pokok yang terjangkau. Jokowi mengatakan, semua ini merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Dia kemudian menyinggung Program Keluarga Harapan (PKH) yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Jokowi mengatakan, manfaat PKH akan ditingkatkan dengan pemberian Kartu Sembako Murah. Dia menunjukan contoh kartunya dalam pidato tersebut.

2. Klaim jaminan pendidikan dan KIP-Kuliah

Jokowi juga menyampaikan pencapaian pemerintahannya dalam menjamin pendidikan anak Indonesia lewat program Kartu Indonedia Pintar. Dia mengatakan, sebanyak 18,7 juta siswa sudah merasakan manfaat KIP. Selain itu, hampir 1 juta mahasiswa dari keluarga miskin mendapatkan beasiswa. Jokowi mengatakan, dia akan meningkatkan manfaat program KIP. Jika sebelumnya KIP hanya sampai siswa SMA, Jokowi akan membuatnya sampai ke jenjang perguruan tinggi. Program baru ini dia beri nama KIP-Kuliah.

3. Program Mekaar dan UMi

Soal pemberdayaan perempuan, Jokowi memamerkan program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dan program pembiayaan Ulta Mikro (UMi). Jokowi mengatakan, program itu telah membuktikan bahwa perempuan adalah tiang keluarga yang tangguh. Jokowi kemudian menyebut seorang pedagang bernama Roedah dari Cilincing. Kata dia, Ibu Roedah dulunya hanya punya omset Rp 20.000 sampai Rp 30.000 per hari. Setelah dibantu program Mekaar, omsetnya menjadi Rp 1,5 juta per hari. Jokowi ingin perempuan Indonesia berdaya seperti ini. Dia berjanji akan meningkatkan manfaat program ini ke depannya.

4. Sertifikasi tanah dan konsesi lahan

Selain itu, Jokowi juga membanggakan kemajuan program pembagian sertifikat tanah yang dilakukan pemerintah. Pada 2017, kata dia, pemerintah telah membagikan 5 juta sertifikat untuk masyarakat. Jokowi mengatakan, sertifikat tanah penting untuk memberikan kepastian hukum bagi pemiliknya. Sertifikat tanah juga bisa digunakan warga untuk mengakses permodalan dengan menjadikannya sebagai agunan. Hal ini yang menjadi alasan pemerintah gencar membagikan sertifikat tanah untuk rakyat. Selain sertifikat tanah, Jokowi juga menyinggung program kehutanan sosial. Jokowi mengatakan pemerintah telah membagikan konsesi untuk masyarakat di sekitar hutan.

5. Dana desa akan capai Rp 400 triliun

Kata Jokowi, separuh penduduk Indonesia tinggal di desa dengan tingkat kemiskinan yang lebih tinggi dari kota. Oleh karena itu, program dana desa akan dilanjutkan untuk membuka konektivitas antar desa. Selain itu juga untuk membuka lapangan pekerjaan di desa-desa. Pengangguran juga diklaimnya menurun. Jokowi menargetkan pada periode selanjutnya dana desa bisa mencapai Rp 400 triliun.

6. Koperasi petani dan bank mikro nelayan

Bagi Jokowi, sektor pertanian salah satu sektor penting bagi Indonesia. Pemerintah sudah membangun bendungan irigasi dan memberikan mesin-mesin pertanian unthk petani. Jokowi mengatakan, pemerintah juga akan menghubungkan petani dengan pasar, serta akan mendukung petani masuk koperasi dan ke industri hilir. Untuk nelayan, Jokowi mengatakan, pemerintah telah membangun bank mikro agar nelayan mudah mengakses modal. Sejauh ini, sudah ada Rp 132 miliar dana dari bank mikro yang disalurkan ke nelayan dengan bunga hanya 3 persen.

7. Rasio elektrifikasi dan pemanfaatan energi terbarukan

Janji berikutnya, berkaitan dengan pemanfaatan energi di Indonesia. Jokowi mengatakan, saat ini rasio elektrifikasi Indonesia telah mencapai lebih dari 98 persen. Pada tahun ini, ia menargetkan rasionya meningkat menjadi 99,9 persen. Jokowi juga menyampaikan tekadnya untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil atau minyak. Dia menyebutkan, Indonesia memiliki sumber daya alam yang kaya untuk menghasilkan energi terbarukan. Salah satunya, pembangunan pembangkit listrik tenaga angin di Sulawesi Selatan. Selain itu, pemerintah juga telah memproduksi biodiesel melebih target yaitu 6 juta kiloliter. Jokowi mengatakan, biodiesel tersebut digunakan untuk program B20 sebanyak 4 juta kiloliter dan sisanya diekspor.

8. Kartu pra-kerja

Jokowi mengatakan, di tengah gencarnya pembangunan infrastruktur, sebenarnya lapangan kerja yang tercipta semakin banyak. Namun, masyarakat juga harus semakin meningkatkan keterampilan mereka. Untuk mendukung itu, kata Jokowi, pemerintah sudah punya berbagai program vokasi. Program vokasi itu akan diperkuat dengan program baru Jokowi yaitu dia Kartu Pra-kerja. Kartu ini akan membantu para pencari kerja meningkatkan keterampilan mereka.

9. Permudah usaha generasi muda

Jokowi juga mengungkapkan harapannya terhadap generasi muda agar bisa bersaing di pasar global. Dia menyinggung lahirnya 4 unicorn di Indonesia yang tak lepas dari daya saing generasi muda Indonesia. Untuk menciptakan lebih banyak lagi unicorn dan start up, Jokowi mengatakan pemerintah sudah memberikan digital talent scholarship kepada 1.000 orang pada 2018. Dia menargetkan ada 20.000 orang yang mendapatkan beasiswa ini pada 2020.

Upaya lainnya, kata Jokowi, pemerintah akan menunjang generasi muda lewat program creative space, serta sponsorship untuk komunitas dan kegiatan-kegiatan anak muda. Jokowi juga menjanjikan memberikan kemudahan berwirausaha. Ia mengaku bisa memahami sulitnya mendapatkan perizinan. Dia akan memangkas regulasi yang menyulitkan agar generasi muda mendapatkan kemudahan berwirausaha.

10. Akses internet cepat

Terakhir, Jokowi menyinggung soal era informasi yang datang begitu cepat. Pemerintah harus bisa memastikan seluruh rajyat bisa mendapat akses internet yang cepat. Oleh karena itu, infrastruktur internet harus dibangun dari Sabang sampai Merauke. Jokowi mengatakan, Palapa Ring di wilayah timur telah berjalan 91 persen. Pada pertengahan tahun ini rencananya akan mencapai 100 persen.

Dilansir dari news.detik.com dalam debat perdana Pilpres 2019, Jokowi menyampaikan komitmennya terhadap negara sebagai berikut:

1. Berkomitmen menyelesaikan kasus HAM berat masa lalu.

2. Akan memerintahkan aparat menindak tegas pelaku persekusi.

3. Membekali aparat dengan pengetahuan tentang HAM.

4. Merevisi undang-undang yang menghambat berkembangnya UKM.

5. Memperbaiki aparat yang tidak memberikan pengayoman kepada masyarakat.

6. Mempertaruhkan reputasi untuk perbaikan bangsa.

Selanjutnya, cawapresnya, KH Ma’ruf Amin, meski relatif irit bicara saat debat, juga tercatat melontarkan janji. Setidaknya ada tiga janji yang diucapkan oleh KH Ma’ruf. Berikut ini poin-poinnya:

1. Melakukan pendekatan humanis untuk melawan terorisme sehingga tak melanggar HAM.

2. Mengajak ormas keagamaan untuk menanggulangi terorisme.

3. Melanjutkan reformasi hukum, khususnya penataan regulasi.

Jokowi berharap agar Indonesia bisa setara dengan kemajuan dunia. Ia juga menegaskan akan mempertaruhkan jabatan, reputasi, dan menggunakan semua kewenangan yang dimiliki untuk perbaikan bangsa ini. Maka kita semua rakyat Indonesia harus optimis dan mendukung program pemerintah untuk memajukan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Wamenhan : perang di masa datang akan didominasi oleh kekuatan Teknologi Informasi.

Jakarta (RakyatRukun.com) – Dikutip dari  Situs Kementrian Pertahanan (Kemhan) pada …