Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagyo menyatakan salah satu syarat seorang Menteri dalam memimpin Kementerian/Lembaga adalah pemimpin yang sudah kenyang. Dikutip dari Metrotvnews, Agus Pambagyo menjelaskan bahwa pemimpin yang sudah kenyang lebih teruji integritasnya karena fokusnya hanyalah untuk mengabdi kepada negara. Diketahui sebelumnya Jokowi menginginkan syarat Menteri yang mendampinginya pada periode 2019-2024 kedepan merupakan Menteri yang tahan banting yang memiliki leadership, integritas tinggi, cerdas dan hanya untuk mengabdi kepada negara. Menurut Agus, jika belum kenyang justru dianggap berbahaya karena berhubungan dengan integritas. Jika demikian, apakah seorang pemimpin yang sudah kenyang dalam aspek material dan spiritual benar-benar teruji integritasnya?   

Kementerian Didorong Membereskan Negara Dengan Baik

Kementerian tidak didorong untuk menghasilkan proyek pendapatan seperti perusahaan namun diharapkan mampu membereskan dan mengatur negara dengan baik. Kementerian yang mampu membereskan negara ini dengan baik memiliki pemimpin yang sudah kenyang akan pengetahuan atau pengalaman dalam menyelesaikan permasalahan publik. Saat ini kementerian yang dapat dijadikan role model dan mampu memenuhi syarat dari Jokowi dianggap belum lengkap memenuhi syarat kepemimpinan, integritas tinggi dan cerdas. Namun personal menteri yang memimpin kementerian dan lembaga saat ini ada yang mendekati.

Integritas Adalah Kejujuran

Melansir Kompasiana.com, integritas merupakan suatu konsep berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan-tindakan, nilai-nilai, metode-metode, ukuran-ukuran, prinsip-prinsip, ekspektasi-ekspektasi dan berbagai hal yang dihasilkan. Dengan demikian, seseorang yang memiliki integritas akan memiliki karakter yang kuat, punya prinsip, metode dan ukuran dalam menilai sesuatu dan berbagai hal yang dihasilkannya. Bukan sekedar menilai sesuai dengan rasa dan selera pribadi serta mampu menilai secara adil bukan berdasarkan unsur kedekatan ataupun kepentingan pribadi. Kejujuran mengisi kehidupan sang pemimpin sehingga mampu mengenali berbagai bentuk kecurangan yang tidak terukur. Integritas dilihat saat sesorang tetap mampu melakukan hal yang benar bahkan saat tidak ada seorang pun yang melihat.

Integritas Tercermin Dari Kredibilitas

Integritas dapat tercermin dari kredibilitas yang menyangkut kemampuan olah pikir yang mencangkup intelegensia, ketrampilan serta kompetensi. Kredibilitas terbangun melalui unsur kapabilitas yaitu kompetensi dan pengalaman. Akan sulit rasanya jika seorang pemimpin tidak memiliki kompetensi dan pengalaman di bidang yang ia pimpin. Sementara itu integritas dibangun melalui tiga unsur penting yaitu nilai-nilai yang dianut oleh Si Pemimpin, konsistensi, dan komitmen. Pemimpin yang dibangun oleh ketiga hal tersebut akan mampu membawa kredibilitas organisasi yang dipimpinnya semakin baik dan dipercaya oleh masyarakat dan pihak lain. Semakin tinggi kredibilitas sebuah organisasi maka kepercayaan publik akan organisasi tersebut juga semakin tinggi.

Kenyang Secara Material Tidak Mampu Menjamin Suatu Integritas

Salah satu ungkapan Batak-Toba, “Tumagon mamora di roha marpogos di arta, unang apala mamora di arta marpogos di roha” yaitu ; lebih baik kaya moral, miskin harta daripada kaya harta buruk moral. Ini adalah suatu prinsip moral dan etika yang dipahami komunitas Batak-Toba sejak dahulu.

Integritas seseorang tidak dapat diukur dengan uang atau materi. Seseorang yang sudah memiliki banyak uang dan kekayaan bahkan tidak dapat menjadi ukuran bagi seseorang yang berintegritas. Sama juga halnya seseorang yang tidak kaya bisa saja adalah seorang yang berintegritas tinggi. Hal ini karena uang dan materi bukannya faktor utama yang menentukan integritas seseorang. Integritas diukur dari kepribadian yang dicerminkan oleh kejujuran, sikap, sifat, moral dan etika yang dimiliki seseorang. Dengan memiliki kepribadian tersebut, akan terlihat potensi dan kemampuan sesorang yang memancarkan kewibawaan, kepribadian mulia dan luhur.

Sudah bisa dikenali kan siapa sosok yang berintegritas disekitarmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PANGAN DAN PERTAHANAN NEGARA

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran. Tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapa…