JAKARTA: Investasi China di Indonesia masih di bawah 0,5% dari total arus modal negara tersebut ke luar negeri dalam 5 tahun terakhir.Direktur Pengembangan Promosi BKPM Ariesta Riendrias Puspasari mengatakan kondisi tersebut merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia. “Investasi keluar mereka sangat besar, tapi yang masuk ke Indonesia di bawah 0,5%. Kebanyakan larinya ke negara-negara tetangga mereka seperti Vietnam, Myanmar dan Taiwan. Itu yang harus kita rebut,” katanya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Arus investasi keluar China, papar Ariesta, adalah yang ketiga terbesar di Asia setelah Jepang dan India.Data BKPM menyatakan realisasi investasi China di Indonesia sepanjang 2007-2011 sebesar US$498,81 juta.
Investor dari negara berpopulasi terbesar di dunia tersebut keba­nyakan menanamkan modal di sektor pertambangan, industri makanan dan minuman serta industri logam dasar, barang logam, mesin dan elektronik.

Realisasi investasi dalam sektor pertambangan dalam 5 tahun terakhir mencapai US$153,99 juta, industri makanan senilai US$103,79 juta sedangkan industri logam dasar dan lainnya sebesar US$131,33 juta.
Ariesta mengatakan perbedaan antara potensi dan realisasi yang masih besar menjadikan China sebagai salah satu negara target utama BKPM sebagai sumber investasi.


Genjot investasi


Salah satu langkah BKPM menggenjot investasi dari China, lanjutnya, adalah melalui rencana pembukaan Indonesia Investment Promotion Center di Beijing. Dia menambahkan BKPM terus berkoordinasi dengan Perwakilan Tetap RI di China untuk mendorong calon investor dari negara tersebut untuk menjajaki peluang investasi di Indonesia.
Dirjen Kerja Sama Industri Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahajana sebelumnya mengatakan Kementerian Perindustrian telah menyiapkan tim khusus untuk membantu investor dari China.

sumber : Bisnis Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…