Jakarta (RakyatRukun.com) – 1 Januari 2020

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan instruksi kepada seluruh jajaran pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait banjir yang menerpa Jakarta di hari pertama 2020 ini. Dalam rekaman suara yang diterima, Anies menginstruksikan jajarannya untuk menyiapkan evakuasi terhadap warga terdampak banjir.

“Siapkan bantuan evakuasi warga terdampak. Pastikan tempat-tempat pengungsian segera siap. Seluruh kantor pemerintahan, sekolah, harus siap jadi tempat pengungsian,” kata Anies dalam rekaman audio yang ia rekam dari pintu air Manggarai, Rabu (1/1/2020) seperti dikutip dari Kompas.com.

Selain tempat pengungsian, ia juga meminta jajaran Pemprov DKI menyiapkan dapur umum, tenaga kesehatan, dan keperluan lain bagi para pengungsi.

Seluruh kantor pemerintahan, sekolah harus siap untuk menjadi tempat pengungsian. Anies Baswedan mengatakan bahwa curah hujan tidak bisa dikendalikan tapi dampaknya bisa.

Menurut Anies, banjir telah menerpa wilayah Jakarta sejak Selasa (31/12/2019). Banjir itu disebabkan oleh hujan lebat di bagian barat Pulau Jawa. Ia menyampaikan kepada seluruh jajarannya bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bertanggung jawab mengatasi dampak dari banjir tersebut.

“Hujan, curahnya tidak bisa kita kendalikan, tetapi dampaknya bisa kita kendalikan. Pemprov DKI Jakata harus hadir. Pemprov DKI ambil sikap harus bertanggung jawab, tunjukkan kepada seluruh warga bahwa semua jajaran harus turun tangan,” ujar Anies.

Ia meminta seluruh jajaran pemerintah provinsi DKI Jakarta menjalankan pesan dalam rekaman sepanjang 3 menit 26 detik tersebut sambil tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Menhan Turun Tangan Menangkan Hati Warga Papua

Jakarta (RakyatRukun.com) – Dilansir dari Detik.com, Kepala BIN AM Hendropriyono mem…