Kasus kebakaran di area perumahan acap kali terjadi. Kebakaran relatif terjadi pada daerah padat bangunan dan mudah terbakar. Jakarta merupakan wilayah dimana kasus kebakaran di kawasan rumah tinggal sering terjadi. Pada Senin (21/10/2019) sekitar pukul 15.13 WIB, Sudin Damkar Jakarta Timur menerima laporan kebakaran di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Sebanyak 15 mobil pemadam kebakaran dikerahkan.

Objek kebakaran yang berada di kawasan padat penduduk ini menghanguskan 56 bangunan dan total 350 jiwa terdampak. Diberitakan oleh news.detik.com, Camat Jatinegara Asril Rizal mengatakan bahwa ada 78 kepala keluarga dan yang terdampak langsung ada 280 jiwa. Kebakaran ini terjadi di 3 RT yang terletak di RW 2 Kelurahan Bidaracina, yaitu RT 8, RT 9, dan RT 12.

Kebakaran yang melanda permukiman di wilayah Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim) ini diduga dipicu oleh arus pendek. Kebakaran tersebut membuat warga harus mengungsi. Dikabarkan juga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun tentunya banyak kerugian materil yang ditimbulkan salah satunya adalah surat atau dokumen penting yang hangus terbakar. Asril mengatakan pihaknya akan membantu para warga yang KTP dan KK-nya ikut hangus terbakar.

Saat ini beberapa korban kebakaran masih menempati tenda pengungsian yang dibangun di halaman SDN Bidaracina 03 Pagi. Terdapat 3 buah tenda yang didirikan sebagai posko pengungsian. Berbagai bantuan juga telah disalurkan kepada para korban. Asril mengatakan telah berkoordinasi dengan pihak sekolah terkait pendirian tenda-tenda pengungsian tersebut.

Pemerintah daerah Jatinegara juga mendirikan posko untuk memfasilitasi pengurusan administrasi yang terbakar serperti KK dan KTP untuk dibuatkan yang baru. Asril mengatakan telah melaporkan kejadian ini ke pihak Pemprov. Ia meyakini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal mengunjungi warga yang menjadi korban.

Sampai saat ini pemerintah daerah Jatinegara masih terus mendata jumlah dan keperluan korban. Posko pengungsian juga akan dievaluasi khususnya untuk bayi, balita, dan lansia. Penyebab kebakaranpun masih dalam penyelidikan meski dugaan sementara diyakini penyebabnya dikarenakan korsleting arus pendek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PANGAN DAN PERTAHANAN NEGARA

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran. Tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapa…