Jelang Dinobatkan Raja Thailand Menikahi Mantan Pramugari

Menjelang hari penobatan Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun resmi menikah dengan Gen Suthida Vajiralongkorn na Ayudhya yang sekarang bernama Ratu Suthida pada Rabu 1 Mei 2019. Dilansir Bangkokpost.com (1/5), sejak pernikahan itu terjadi sejalan dengan hukum dan tradisi kerajaan, Ratu Suthida selanjutnya berhak atas semua manfaat pangkat dan status keluarga kerajaan. Raja Maha Vajiralongkorn akan dinobatkan pada 4 Mei mendatang menjadi Raja Thailand menggantikan ayahnya Raja Bhumibol Adulyadej yang meninggal pada Oktober 2016, setelah 70 tahun berkuasa. Raja Maha Vajiralongkorn yang berusia 66 tahun duduk sebagai raja baru Thailand menggantikan ayahnya yang dihormati tersebut. Vajiralongkorn akan dinobatkan sebagai raja ke-10 dinasti Chakri dalam upacara yang rumit selama tiga hari mulai Sabtu (4/5/2019).

Menurut berita TV Istana pada Rabu malam, pendaftaran pernikahan kerajaan berlangsung di Aula Tahornsathan Ampornsathan di Dusit Pallace pada jam 4.32 sore waktu Thailand. Setelah pengumuman kerajaan dibacakan, Ratu Suthida memberikan bunga kepada Yang Mulia, yang menganugerahkannya air kerajaan, daun keberuntungan untuk ditempatkan di atas telinganya dan dekorasi kerajaan tertinggi dari pemerintahannya.

Dalam upacara itu terlihat Vajiralongkorn mengenakan pakaian resmi berwarna putih di Istana Dusit, Bangkok. Sementara Ratu Suthida memakai pakaian sutra tradisional Thailand berwarna merah muda. Kepala distrik Dusit kemudian membawa surat nikah untuk ditandatangani oleh pasangan kerajaan. Yang Mulia Puteri Agung Maha Chakri Sirindhorn dan presiden Dewan Penasihat dan negarawan Jenderal Prem Tinsulanonda kemudian menandatangani sebagai saksi.

Ratu Suthida Saat Menjadi Jenderal AD Kerajaan Thailand
Ratu Suthida Saat Menjadi Jenderal AD Kerajaan Thailand

Menikahi Mantan Pramugrari

Dilansir Okezone.com (2/5), Tahun 2014, Vajiralongkorn menunjuk Suthida Tidjai, mantan pramugari Thai Airways, sebagai wakil komandan unit pengawalnya. Hubungan asmara antara keduanya banyak dihubungkan tetapi tidak pernah diakui secara resmi oleh Istana.

Sang Raja menjadikan Suthida sebagai jenderal penuh di Angkatan Darat Kerajaan Thailand pada Desember 2016, dan wakil komandan penjaga pribadi raja pada 2017. Ia juga menjadikan Suthida, seorang Thanpuying, gelar kerajaan yang berarti Lady. Sebelumnya, Raja Vajiralongkorn sudah mempunyai tiga istri dengan istri terakhirnya adalah Putri Srirasmi sebelum bercerai pada 2014 setelah 13 tahun menikah. Dari pernikahannya dia memiliki tujuh orang anak.

Laporan-laporan menyebutkan setelah bercerai dengan istrinya, Srirasmi Suwadee, Pangeran Vajiralongkorn menjalin hubungan asmara dengan Suthida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…