Presiden Joko Widodo siang ini menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) No. 13 tahun 2019 tentang Cuti Bersama Lebaran bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dilansir dari Setkab.go.id, melalui Keppres tersebut, Presiden menetapkan cuti bersama Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2019 yaitu pada tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019 (Senin, Selasa, dan Jumat) sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. Tidak hanya cuti bersama lebaran, Presiden juga menandatangani cuti bersama Natal pada tanggal 24 Desember 2019 (Selasa). Dengan demikian, total hari libur PNS sebanyak 11 hari, sehubungan dangan hari libur nasional pada tanggal 30 Mei 2019.

Cuti bersama sebagaimana dimaksud tidak mengurangi hak cuti tahunan Pegawai Negeri Sipil yaitu dua belas hari. Pegawai Negeri Sipil yang karena jabatannya tidak

diberikan hak atas cuti bersama, hak cuti tahunannya ditambah sesuai dengan jumlah cuti bersama yang tidak diberikan. Tidak hanya kepada PNS tapi ketentuan cuti Bersama ini juga berlaku untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Tujuan dari penentuan tanggal cuti bersama ini dituliskan dalam Keppres tersebut adalah dalam rangka mewujudkan efisiensi dan efektivitas hari kerja serta memberi pedoman bagi Instansi Pemerintah dalam melaksanakan cuti bersama tahun 2019. Dengan demikian para pegawai negeri sipil dan PPPK dapat melaksanakan aturan ini dan mematuhi ketentuan tanggal kembali kerja. Berdasarkan tanggal cuti Bersama tersebut, para PNS dan PPPK akan kembali melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya pada hari Senin, 10 Juni 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PANGAN DAN PERTAHANAN NEGARA

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran. Tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapa…