Jokowi Ucapan Selamat Paling Tulus Kepada Kaisar Naruhito

Hari Kamis (2/5), melalui akun Instagramnya, Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat atas naik tahtanya Kaisar baru Jepang yaitu Kaisar Naruhito. Kaisar Naruhito merupakan anak dari Kaisar sebelumnya yaitu Akihito. Dikutip dari Republika.co.id (2/5), Kaisar Akihito (85 tahun) dan permaisurinya, Michiko, mengikuti ritual pengunduran diri dalam upacara singkat dan sederhana, pada Selasa (30/4). Upacara itu mengakhiri masa tiga dasawarsanya. Ia adalah kaisar pertama yang turun takhta dalam 200 tahun atau sejak Jepang terakhir kali menggelar upacara penurunan takhta pada 1817.

Naruhito adalah kaisar ke-126 Jepang. Dia kuliah di Universitas Oxford di Inggris, dan menjadi putra mahkota pada usia 28 tahun. Pada 1986, dia bertemu dengan istrinya, putri Masako Owada di sebuah pesta teh. Masako menjalani pendidikan di Harvard dan Oxford, dan memiliki karier yang menjanjikan sebagai diplomat sebelum menikah.

Di bawah Kaisar Akihito, monarki modern Jepang menjadi lebih mudah diakses dan terbuka. Naruhito dan Michiko mempertahankan jadwal sekitar 250 pertemuan publik dan 75 perjalanan di seluruh negeri dan luar negeri setiap tahun. Hal ini karena mereka juga bertugas sebagai utusan rekonsiliasi pascaperang.

Dalam prosesi pengangkatannya, Naruhito (59 tahun) akan mewarisi tiga harta karun misterius di Kekaisaran Jepang, dalam sebuah upacara yang sangat simbolis. Tiga harta karun kekaisaran tersebut adalah -cermin, pedang dan permata- yang diwariskan dari generasi ke generasi dan dipandang sebagai simbol kekuatan kekaisaran. Kaisar Akihito memilih turun takhta karena faktor usia dan kesehatannya yang memburuk. Dia resmi mengundurkan diri pada Selasa (30/04).

Jokowi juga menyampaikan penghargaan yang tertinggi kepada Yang Mulia Kaisar Akihito, yang baru saja turun tahta. Dedikasi beliau selama masa kekaisarannya telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di kawasan serta dalam memajukan hubungan antara masyarakat Indonesia.

Ucapan Selamat via Akun IG Jokowi Kepada Kaisar Baru Jepang
Ucapan Selamat via Akun IG Jokowi Kepada Kaisar Baru Jepang

Memperkuat Kemitraan Strategis Dengan Jepang

Melalui ucapan selamat yang dituliskan oleh Presiden Jokowi kepada Kaisar Naruhito, Jokowi mengharapkan Indonesia dapat terus memperkuat kemitraan strategis dengan Jepang, dan bekerja sama dalam mencapai harmoni yang selaras di kawasan dan dunia. Dengan naiknya Kaisar baru, Jepang memasuki Era Reiwa. Era Reiwa berarti harmoni yang Indah dengan naiknya kaisar baru, Naruhito.

Dilansir Okezone.com (16/1/2017), selama ini Jepang merupakan mitra strategis bagi Indonesia, terutama bidang ekonomi, seperti perdagangan dan investasi. Pertemuan bilateral delegasi kedua negara telah digelar Januari 2017 lalu, yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. Jepang merupakan investor terbesar di Indonesia setelah Singapura. Selama periode Januari- September 2016, investasi Jepang di Indonesia mencapai USD4,5 miliar, dengan sebagian besar di sektor infrastruktur. Beberapa proyek infrastruktur pada 2016, seperti proyek ketenagalistrikan yang dimenangkan oleh konsorsium Jepang-Indonesia dan tol laut Surabaya-Sorong, saat ini sudah berjalan. Tahun 2017, investor Jepang mulai merambah untuk berinvestasi pada real estate dan properti.

Pada saat itu PM Abe mengatakan bahwa Jepang tertarik berinvestasi di bidang infrastruktur seperti transportasi dan energi. Jepang juga tertarik berinvestasi dalam bidang irigasi dan konservasi pantai di Indonesia. Mereka berjanji akan menciptakan kesempatan bisnis dengan nilai total sekitar 74 miliar yen (Rp8,6 triliun) untuk bidang irigasi dan konservasi pantai. Di luar isu ekonomi, PM Abe meminta Indonesia agar ikut menjaga perdamaian di kawasan Asia Tenggara.

Dengan demikian dengan adanya Kaisar Jepang yang baru, kemitraan yang selama ini sudah terjalin dengan Jepang semakin kuat seperti yang diharapkan oleh Presiden RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…