Jakarta (RakyatRukun.com) – Dilansir dari laman Detik.com, Kementerian Pertahanan (Kemhan) menggelar pameran industri alat peralatan pertahanan dan keamanan (Alpalhankam) dalam negeri. Menhan Prabowo Subianto mengatakan pameran tersebut adalah salah satu upaya untuk mengandeng swasta dalam meningkatkan pertahanan dan keamanan nasional.

“Saya dapat tugas dari Bapak Presiden untuk meningkatkan peran industri pertahanan dalam negeri dalam pengadaan alutsista untuk kepentingan pertahanan kita,” ujar Prabowo di Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

“Jadi selama ini saya dengan wakil menteri, kami sudah keliling. Untuk mempercepat proses, kami undang industri pertahanan swasta,” imbuhnya.

Prabowo mengatakan kemampuan pertahanan nasional saat ini sudah sangat baik dan maju. Dia optimis dalam lima tahun ke depan Indonesia akan mandiri dalam industri pertahanan.

Prabowo mengatakan industri pertahanan BUMN dan swasta harus bekerja sama dalam meningkatkan pertahanan. Foto: Lisye/detikcom

“Alhamdulillah kemampuan kita sudah sangat baik, sangat maju, tentunya ada bagian-bagian yang masih harus kita mengadakan litbang lagi, tapi insyaAllah saya optimis lima tahun lagi kita akan menjadi lebih mandiri, berdiri di atas kaki kita sendiri,” kata dia.

Prabowo mengatakan industri pertahanan BUMN dan swasta harus bekerja sama dalam meningkatkan pertahanan. Sementara bentuk kerjasama tersebut masih didalami oleh Ketum Gerindra itu.

“Saya katakan tadi bahwa kita juga berfikir domain nasional, swasta, kita semua anak bangsa. Swasta adalah bagian vital dari ekonomi kita. BUMN dan swasta harus bekerjasama, nanti kita bisa cari formulanya. Tidak ada masalah, BUMN lead integrator tapi swasta semua ikut dengan aktif,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Harian Persatuan Industri Pertahanan Swasta Nasional (Pinhantanas), Jan Pieter Ate, menyebut terdapat 25 perusahaan swasta yang berpartisipasi dalam pameran itu. Dia mengatakan perusahaan negeri dan swasta harus bekerjasama dalam meningkatkan pertahanan dan keamanan negara.

“Pameran hari ini diikuti 25 industri pertahanan swasta nasional, industri pertahanan dalam negeri yang menampilkan produk-produk anak bangsa. Di sana menggambarkan bangsa Indonesia yang luar biasa dari berbagai aspek maka harus dikawal, mengawalnya dari sektor industri pertahanan menyampaikan bahwa negara ini harus kuat, kuat negaranya itu kalau disokong oleh industri pertahanan untuk memiliki Industri pertahanan yang kuat,” ujar Jan.

Pameran industri ini berlangsung di halaman gedung Kemhan. Beragam jenis produk Alpalhankam dan alutsista hasil karya anak bangsa dipamerkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono: Maulid Nabi Adalah Bagian Cinta Tanah Air

Pekalangon (RakyatRukun.com) – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Treng…