Setelah munculnya tagar #IndonesiaGantiPresiden, kali ini muncul tagar baru yang menjadi obrolan panas dipublik yaitu

Setelah munculnya tagar #IndonesiaGantiPresiden, kali ini muncul tagar baru yang menjadi obrolan panas dipublik yaitu, #IndonesiaCallsObserver dan #INAelectionObserverSOS. Pencetus seruan tagar tersebut mengatasnamakan rakyat yang menuntut agar, pemilu 2019 kelak harus diawas oleh pihak asing atau semua negara di dunia. Pihak yg mengatasnamakan rakyat tersebut kuatir, karena maraknya media sosial, ASN/TNI/POLRI, politik, suku, ras dan agama yang tidak netral di pemilu kali ini. Untuk itulah, menurut mereka pemilu kali ini perlu diawasi pihak asing yang diharapkan dapat menjaga netralitas.

Namun, yang menjadi permasalahan adalah, apakah benar pihak asing yang akan mengawasi pemilu kita nanti benar-benar ikhlas atau malah dimasuki kepentingan lain. Seperti yang kita ketahui, pihak asing telah banyak mengintervensi dan bahkan sampai menekan pemerintah untuk merevisi undang-undang Indonesia.

Selain itu, bukan mustahil pula pihak asing memiliki kepentingan untuk menaruh pengaruhnya ke Indonesia, melalui partai politik di Indonesia dengan menanamkan ideologi tertentu. Jika sudah berhasil menanamkan ideologi tertentu, maka pihak asing tersebut akan terlibat eksploitasi sumber daya alam seperti pertambangan, kelautan dan perkebunan.

Sebenarnya, keterlibatan pihak asing sudah terjalin sejak tahun 1999 dan kemudian, berlanjut hingga tahun 2018 melalui undangan dari KPU. Alasan KPU melibatkan pihak asing untuk ikut mengawasi jalannya pemilu, agar penyelenggara pemilu bisa bekerja dengan professional. Selain itu, secara tidak langsung, menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mempromosikan pesta demokrasi di negara ini. Jadi seharusnya kemunculan tagar #IndonesiaCallsObserver tidak diperlukan. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat harus cerdas dan hanya cukup mengkritik serta mengawasi sendiri jalannya pemilu kali ini. #IndonesiaBersatu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PANGAN DAN PERTAHANAN NEGARA

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran. Tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapa…