KKP Cabut Izin Kapal, No Way Illegal Fishing!!!

Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Zulfikar Mochtar menyatakan pencabutan izin 231 kapal dalam rangka perapihan tata kelola perizinan kapal untuk kebutuhan perikanan. Pencabutan izin dilakukan terhadap pelaku usaha perorangan, perusahaan, dan kelompok usaha bersama.

Sebenarnya pencabutan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) ini dilakukan merujuk kepada keputusan DIrjen Perikanan Tangkap No.14 th 2019 tentang Pencabutan Surat Izin Usaha Perikanan Perseorangan (SIUP-OP) dan Surat Izin Usaha Perikanan Perusahaan (SIUP-PI).

Zulfikal mengungkapkan bahwa kapal-kapal para pelaku usaha tersebut tidak direalisasikan lebih dari 2 tahun sejak SIUP diterbitkan. Beliau juga menambahkan bahwa SIUP yang tidak kunjung direalisasikan berpotensi pada penyalahgunaan izin. Khususnya penyalahgunaan SIUP sebagai pintu masuk kapal perikanan illegal. KKP akan terus melakukan penertiban terhadap kapal perikanan lokal terkait SIUP.

Seperti dilansir katadata.co.id, sampai saat ini Kementerian Kelautan dan Perikanan telah mencabut 368 SIUP dengan alokasi 703 Kapal. Kementerian Kelautan dan Perikanan  mencabut 368 SIUP untuk kapal yang sudah tidak beroperasional dan tidak diperpanjang lebih dari dua tahun dan SIUP bagi kapal-kapal yang tidak direalisasikan lebih dari dua tahun sejak diterbitkan.

Di bawah komando Susi Pujiastuti, Kementerian Kelautan dan Perikanan sangat tegas menindak pencurian ikan yang sebelumnya marak terjadi di perairan Indonesia. Sebanyak 488 kapal ikan illegal telah ditenggelamkan Kementerian Kelautan dan Perikanan sepanjang Oktober 2014-Agustus 2018.

Pemerintah tentu masih memandang sebegitu pentingnya wilayah laut bagi Indonesia. Untuk saat ini ketegasan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan mampu menimbulkan efek jera bagi pihak-pihak yang memberlakukan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia. Pemberlakuan peraturan-peraturan harus dilaksanakan oleh pihak pelaku usaha demi kelancaran program kerja pemerintah melalui tangan kementerian.

Tag: SIUP, izin kapal, perapian kapal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…