Jakarta: Ekonom PT Bank Permata Tbk Josua Pardede menilai kondisi utang luar negeri Indonesia masih sangat aman. Hal ini terlihat dari posisi utang Pemerintah yang jauh di bawah ketentuan Undang-Undang Keuangan Negara, dan rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Ekonom PT Bank Permata Tbk Josua Pardede. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Saat ini posisi utang luar negeri lndonesia yang mencapai Rp4.034,8 triliun. Rasio utang terhadap PDB sebesar 29,24 persen atau jauh dari batas yang ditetapkan dalam Undang-Undang Keuangan Negara Nomor 17 Tahun 2003 bahwa total utang pemerintah terhadap PDB sebesar 60 persen.

“Ada aturannya (di Undang-Undang), jadi kalau di bawah 30 persen itu artinya sangat aman. Karena di Undang-Undang saja batasnya 60 persen dari GDP,” kata Josua ditemui di Gedung World Trade Center II, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat, 6 April 2018.

Tak hanya itu, kesempatan pemerintah untuk menarik utang lebih besar juga terbatas. Apalagi defisit APBN masih di bawah tiga persen, di mana tahun lalu defisit hanya 2,5 persen dan akan ditargetkan kembali turun pada tahun ini mencapai 2,19 persen dari PDB.

Dirinya menambahkan, kemampuan pemerintah dalam membayar utang luar negeri juga semakin baik. Bahkan pemerintah menyebut penarikan utang bertujuan untuk kegiatan produktif, yakni menggenjot pembangunan infrastruktur.

Menurut Josua, utang luar negeri demi pembangunan infrastruktur memiliki tujuan yang baik. Pada akhirnya, infrastruktur juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, seperti yang dirasakan oleh Tiongkok pada beberapa tahun lalu.

“Memang belum akan kelihatan dalam jangka pendek, jadi jangan berharap hasilnya instan karena itu akan terasa 10 tahun mendatang. Tiongkok juga begitu, pembangunan infrastrukturnya baru membuat pertumbuhan ekonominya double digit baru 10 sampai 20 tahun lagi,” pungkasnya.

Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com/makro/MkMn3VRK-kondisi-utang-luar-negeri-ri-masih-sangat-aman?fb_comment_id=1450868765024660_1454323541345849#f15a65f9dddd904

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Aplikasi PeduliLindungi Tracing Kontak Covid-19 Aman, Tapi Hati-Hati Palsuannya!

Jakarta, RakyatRukun.com – Melansir CNNIndonesia.com tanggal 18 April 2020, Pemerint…