Jakarta, RakyatRukun.com- Selama 2 bulan setelah mengunci (lockdown) Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, China akhirnya akan membuka kota yang menjadi pusat wabah virus corona (COVID-19) ini. Bangkitnya Wuhan dari situasi terpuruk menjadi harapan bagi negara lain termasuk Indonesia untuk bangkit dari situasi saat ini.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Pada Selasa (24/3/2020) waktu setempat, pemerintahan Provinsi Hubei mengatakan bahwa pembatasan perjalanan di ibu kota Wuhan akan dihapus mulai 8 April mendatang. Wuhan sendiri sudah di-lockdown atau isolasi sejak 23 Januari lalu.

Kasus baru terkonfirmasi di China telah berkurang dalam beberapa hari terakhir. Menurut Data dari Komisi Kesehatan Nasional tersebut, kini China Daratan memiliki 81.394 kasus terjangkit, dengan jumlah kematian meningkat tiga angka menjadi 3.295 kasus. Sedangkan sebanyak 74.971 kasus berhasil sembuh.

Tindakan Tegas Pemerintahan China

Lockdown yang dilakukan oleh pemerintahan China beberapa waktu lalu cukup tegas. Pihak berwenang mengambil tindakan kejam untuk menghentikan orang memasuki atau meninggalkan kota industri berpenduduk 11 juta orang di China tengah tersebut.

Banyak keluarga dikurung di rumah mereka. Layanan bus dan taksi ditutup, dan hanya toko-toko penting yang dibiarkan tetap terbuka. Maka ketika diperbolehkan untuk keluar dari rumah dan bersosialisasi kembali, banyak masyarakat yang senang dan bersyukur atas hal tersebut.

Di Indonesia, saat ini Provinsi Jawa Timur dapat dijadikan contoh penerapan tindakan “Dirumah Aja”. Butuh kedisiplinan diri untuk peduli kondisi sekitar kita termasuk keluarga. Dengan mendisiplinkan diri untuk menahan diri di rumah dapat membantu pemerintah daerah dan Pusat untuk mengurangi penyebaran virus Corona.

Hanya 2 Bulan Wuhan Berhasil Putuskan Rantai Virus Corona

Jika Kota Wuhan berhasil memutuskan mata rantai virus Corona hanya dalam 2 bulan sejak 23 Januari 2020 lalu ketika masyarakatnya patuh terhadap pemerintahnya. Jika mengikuti China, Indonesia seharusnya bisa berhasil memutuskan rantai virus ini hingga Mei 2020 jika masyarakatnya juga patuh untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, tetap jaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Tips untuk dapat hidup dengan disiplin, dengan cara :

  1. Kalahkan diri sendiri, Manusia cenderung memiliki sifat – sifat mendasar seperti bermalas -malasan, ingin hidup seenaknya mengikuti keinginan hatinya dan keinginan untuk melanggar peraturan – peraturan yang ada. Sifat seperti ini yang penting untuk dikalahkan, sehingga kepatuhan sekelompok orang atau individu akan dilihat dan diikuti oleh yang lainnya.
  2. Lakukan kegiatan selingan sesekali di luar rutinitas. Lakukan hal-hal yang baru agar tidak menimbulkan kebosanan selama tetap tinggal di rumah seperti melakukan aktivitas berjemur di matahari pagi selama 30 menit agar tubuh tetap sehat.
  3. Fokuskan pikiran pada tujuan akhir yang ingin dicapai. Dengan adanya keinginan agar virus Corona ini cepat berlalu, maka kita akan mempunyai keinginan kuat untuk melakukan hal-hal yang dapat menekan penyebaran virus Corona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Komisi I DPR Apresiasi Kementerian Pertahanan Bangun Tenda Disinfektan

Jakarta, RakyatRukun.com- Kementerian Pertahanan tidak tinggal diam dalam perang mela…