C:\Users\Langkahtegak\Desktop\sekjen.jpg

Jakarta (RakyatRukun.com) – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres menyampaikan apresiasinya terhadap peran yang dimainkan Indonesia sebagai bridge builder (pembangun jembatan, red) selama ini, terutama selama Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

Apresiasi tersebut disampaikan Sekjen PBB Antonio Guteres saat memberikan sambutan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-10 ASEAN – PBB, di MPACT Forum Bangkok Thailand, Minggu (2/11) siang.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, dalam ASEAN-UN Summit itu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa melihat situasi dunia saat ini seperti apa, ASEAN masih diuntungkan dengan situasi stabil, damai, dan juga sejahtera.

“Presiden menekankan bahwa sinergi yang kuat antara organisasi kawasan seperti ASEAN dengan PBB ini sangat penting artinya karena kalau kawasannya kuat berarti berkontribusi terhadap perdamaian dunia,” kata Menlu dalam Media Briefing di Bangkok, Thailand, Mingggu  (3/11) sore yang dikutip dari setkab.go.id.

Menurut Menlu, selama Indonesia duduk di dalam Dewan Keamanan PBB, isu sinergitas dalam kawasan dengan PBB ini menjadi salah satu prioritas utama keanggotaan Indonesia di dalam Dewan Keamanan PBB.

Saat menghadiri ASEAN-UN Summit itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pawai Rolasan Meriahkan Maulid Nabi

Tegal (RakyatRukun.com) – Dilansir dari laman Wartabahari.com, Antusiasme warga iringi pag…