Litbang Kompas: 3 Hal yang Menyebabkan Naiknya Elektabilitas Prabowo – Sandi

Kenaikan suara yang signifikan terlihat pada pasangan calon (paslon) nomor urut 02 Prabowo – Sandi. Kenaikan tersebut terlihat pada survei terbaru yang dilakukan oleh Litbang Kompas pada 22 Februari 2019 hingga 05 Maret 2019. Kenaikan elektabilitas paslon nomor urut 02 tersebut naik 4,7 persen dalam kurun waktu enam bulan. Yang pada bulan oktober 2018 pada posisi 32,7 persen menjadi 37,4 persen pada hasil survei kali ini.

Hasil sebaliknya terjadi pada pasangan nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin yang pada survei kali ini terlihat elektabilitasnya turun 3,4 persen. Posisi sebelumnya pada 52,6 persen pada bulan Oktober 2018 menjadi 49,2 persen pada survei kali ini. Selisih hasil survei antara dua pasangan calon tersebut menyempit menjadi 11,8 persen.

Bestian Nainggolan dari Litbang Kompas mengatakan, ada setidaknya tiga indikasi yang mendorong besaran dukungan ke paslon nomor 02 Prabowo – Sandi.

Yang pertama adalah, sebelumnya terlihat pendukung Prabowo – Sandi tertumpu pada kalangan menengah keatas, dan pengusaan dukungan pada kalangan menengah atas tersebut terlihat semakin kuat dan solid pada survei kali ini. Prabowo – Sandi tidak hanya sukses menjaga basis pendukungnya pada kalangan menengah atas, akan tetapi juga dapat memperluas jumlah dukungan dari sektor kelompok tersebut.

Dikutip dari harian Kompas, Bestian mengatakan “Di sisi kategori pendidikan responden, misalnya, mereka yang berpendidikan menengah ke atas tampak semakin bertumpu pada Prabowo-Sandi. Saat ini, hasil survei menyebutkan bahwa kalangan pendidikan tinggi yang memilih pasangan nomor 02 tersebut duduk pada angka 46,1 persen. Sedangkan pada survei sebelumnya, hanya 38,4 persen.”

Kondisi tersebut demikian paralel dengan responden dengan kategosi sosial ekonomi. Karena pada survei sebelumnya terlihat 34,5 persen responden mempunyai kategori sosial ekonomi menangan menjatuhkan pilihannya pada paslon nomor 02, tetapi pada survei kali ini terlihat kenaikan menjadi 40,5 persen. Kemudian pada kalangan atas angka sebelumnya menunjukan 32,6 persen naik menjadi 41,9 persen.

Kemudian yang kedua, kenaikan dukungan kepada probowo sandi juga terlihat dari responden sosial ekonomi lapis bawah. Pada kategori ini, kontribusi mereka dapat menaikan dukungan dari 28,9 persen naik menjadi 32,5 persen.

Dan yang ketiga perluasan dukungan kepada paslon nomor urut 02 ini ditopang dari loyalitas dan agresivitas pendukung paslon nomor urut 02 ini. Terlihat dari hasil survei, pendukung Prabowo – Sandi sangat aktif dan lebih militan dibandungkan dengan pendukung paslon nomor urut 01. Ekspresi pendukung paslon nomor urut 02 ini tidak hanya mengikuti perkembangan dari pemberitaan terkain paslon dukungannya. Mereka juga lebih banyak beraksi mendukung sosok pilihan mereka jika terdapat informasi atau pemberitaan yang dipandang merugikan bagi pasangan yang mereka dukung.Bahkan menurut hasil survei dari Litbang kompas, dari segi pengorbanan materi, pendukung Prabowo – Sandi lebih banyak menyatakan kesiapan untuk memberikan sumbangan.

Survei tersebut dilakukan dengan wawancara secara tatap muka langsung yang melibatkan 2.000 responden secara acak dengan pencuplikan secara sistematis bertingkat tersebar di 34 provinsi di Indonesia, dengan tingkat kepercayaan 95 persen serta margin of error  sekitar +/- 2,2 persen.

https://nasional.kompas.com/read/2019/03/20/07471531/elektabilitas-prabowo-sandiaga-naik-ini-tiga-penyebabnya-menurut-litbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PANGAN DAN PERTAHANAN NEGARA

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran. Tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapa…