Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/7/201) siang. Kedatangan Presiden disambut oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat dengan Tarian Tiba Meka, yang merupakan tarian khas Flores Barat untuk menyambut kunjungan tamu istimewa. Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana mengunjungi Proyek Penataan Kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo. Sesuai rencana, Labuan Bajo menjadi bagian dari 10 Bali baru. Berikut 5 strategi Jokowi untuk menata Labuan Bajo:

1.Runway diperpanjang

Presiden Jokowi mengatakan akan memperluas Bandara Internasional Komodo di Labuan Bajo serta memperpanjang runway yang ada. “Terminal akan kita besarkan, runway akan kita perpanjang, maksimal tahun depan sudah rampung semuanya,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan saat bersama Ibu Negara Iriana mengunjungi Proyek Penataan Kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo, Rabu (10/7/2019) siang.

2.Pengelola bandara akan dilelang

Presiden Joko Widodo mengatakan untuk pengelola bandara di Labuan Bajo akan dilelang. Menurut Presiden, pemerintah ingin pengelola bandara adalah yang memiliki jaringan pariwisata internasional sehingga yang datang ke Labuan Bajo adalah wisatawan yang bisa meningkatkan devis. “Segmentasi yang mau kita ambil di sini berbeda, dengan Manado beda. Segmentasi di sini adalah segmentasi yang premium,” jelas Presiden yang dikutip dari kompas.com.

3.Buat Trotoar Dan memperlebar Jalan

Selain bandara, Presiden Jokowi juga mengatakan sangat penting untuk menata Kawasan Puncak Waringin. “Akan kita buat trotoar di sini (kawasan Puncak Waringin) tahun ini mulai nanti sampai ke ujung sana, sehingga turis dapat berjalan ke sini sambil menikmati pemandangan yang ada di depan sana,” ujarnya. Terkait kurangnya suplai air di wilayah tersebiut, akan di kerjakan oleh pemerintah. Selain itu kawasan milik Pemda akan dirapikan dan dijadikan pusat handicraft di Labuan Bajo. “Ini total memang penataannya,” kata Presiden.

4.Pelabuhan container dipindahkan

Untuk menata Kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Presiden Jokowi meminta agar pelabuhan untuk kontainer dipindahkan ke tempat lain. Pelabuhan Bajo hanya fokus untuk penumpang phinisi, yacht, dan cruise. Untuk fasilitas jalan, Presiden mengatakan jika Menteri PUPR sudah melihat jalan mana yang bisa dilebarkan.

5.Segmentasi Premium

Presiden Jokowi Widodo akan menjadikan Labuan Bajo sebagai segmentasi premium. Menurut Presiden yang mengelola bandara akan dilelang. Pemerintah ingin yang mengelola bandara di Labuan Bajo memiliki jaringan pariwisata internasional, sehingga yang datang ke memang turis-turis yang diharapkan akan meningkatkan devisa. “Segmentasi yang mau kita ambil di sini berbeda, dengan Manado beda. Segmentasi di sini adalah segmentasi yang premium,” jelas Presiden. Selain itu, pemerintah juga akan mempercepat pembangunan bandara dan memperpanjang runway serta menata kawasan Puncak Waringain, Labuan Bajo.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PANGAN DAN PERTAHANAN NEGARA

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran. Tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapa…