Menhan, Saya Netral Walaupun Prabowo Itu Teman

Ditilik dari akurat.co, Ryamizard mengatakan netralitasnya yang tidak memihak pada kedua paslon. “Kita harus netral, gak boleh gawe kiri kanan. Kalau saya netral, walaupun Prabowo itu kawan saya satu leting, sama Susilo Bambang Yudhoyono,” ujarnya di hadapan prajurit Markas Komando Daerah Militer I Bukit Barisan, Medan, Sumatera Utara, Rabu (10/4/2019).

Menurutnya prajurit harus jeli dan cermat terhadap setiap ancaman yang ada agar tidak menimbulkan gejolak. Dan hal tersebut, kata dia, harus diketahui dari jajaran atas hingga bawah.

“Tentara itu harus tahu ancaman apa yang terjadi di negara ini, harus tahu. Dan ancaman itu harus di cermati dan diantisipasi,” ujarnya.

Ryamizard juga menyampaikan bagaimana kekuatan pertahanan Indonesia saat ini. Dia menyebut sekarang ini Indonesia berada pada urutan 10 negara di dunia dengan pertahanan terkuat.

“Perlu diketahui, dulu pertama sekali saya masuk disini, pertahanan kita kekuatan nomor 19 dunia. Dunia itu ada 193 negara. Sekarang kita sudah 10 kekuatan dunia,” ujarnya.

Kekuatan pertahanan negara tidak saja dilihat dari banyaknya alat utama sistem persenjataan, namun kekuatan rakyat harus dihitung.

“Kalau kita Indonesia gak usah 270 juta, 200 juta aja, gak ada yang mampu. Jadi kekuatan kita bukan hanya alutsista, kekuatan rakyat itu harus dihitung, maka saya bilang bela negara, dalam beberapa tahun harus 1 juta untuk yang jadi militan,” kata dia.

Netralitas para prajurit dalam pemilu sangat penting. Mengingat tugas yang diemban untuk menjaga pemilu agar berjalan damai, aman dan sukses. Jika adanya perpecah belahan dalam tubuh prajurit maka hal tersebut dapat menggoyangkan komitmen untuk mengamankan serta menyukseskan jalannya pesta demokrasi mendatang. Walaupun prajurit harus bersikap netral namun masyarakat tidak boleh golput. Masyarakat beserta prajurit bersama sama mengawal pemilu dengan baik demi mewujudkan bangsa yang adil dan beradab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dua Prajurit TNI AD Kembali Gugur Dalam Kontak Senjata Dengan OPM

Papua (RakyatRukun.com) – Anggota Kopassus asal Dairi, Sumut, Lettu Inf Erizal Zuhri …