Festival Damai Jakarta di Silang Monas, Jakarta, Ahad (23/6) telah berlangsung. Sejak pagi hingga siang hari, ribuan orang memadati kegiatan yang dihelat oleh Polda Metro Jaya bersama beberapa pihak itu.

Kegiatan mengusung tema “Merajut Persatuan dalam Kebhinnekaan dan Milennial Road Safety”. Puncak acara adalah pembacaan Deklarasi Damai yang melibatkan perwakilan berbagai pihak, termasuk pemerintah, aparat kepolisian, seniman, budayawan, dan generasi milenial.

Poin pertama deklarasi ialah siap merajut persatuan dan kesatuan bangsa guna mewujudkan kedamaian bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kedua, menolak segala tindakan yang dapat menimbulkan kerusuhan serta perpecahan.

Ketiga, mendukung program pemerintah dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat serta keselamatan berlalu lintas. Poin keempat, siap menjadi pelopor persatuan dalam kebinekaan.

Pembacaan bersama itu dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi oleh perwakilan berbagai kalangan. Selanjutnya, penyanyi Lea Simanjuntak dan Giring Ganesha naik panggung membawakan dua lagu.

Mereka melantunkan lagu “Kebyar Kebyar” dan “Indonesia Jaya” yang liriknya menyuarakan pentingnya persatuan Indonesia. “Kita catat perdamaian, kita catat persatuan,” ungkap Giring yang dikutip dari republika.co.id membakar semangat penonton.

Festival turut menyuguhkan penampilan musisi Jamrud, Anji, Zaskia Gotik, dan RAN. Hadir pula figur publik seperti Ria Ricis, Boy William, Nabila Putri, Ivi Batuta, Nirina Zubir, dan Omesh.

Tidak hanya penampilan musik dan kegiatan seni lainnya, Festival Damai pun menyuguhkan aksi 46 penerjun payung di depan panggung utama. Beberapa di antaranya mengibarkan bendera merah putih dan bendera HUT ke-492 Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…