Era pemerintahan baru Indonesia dimulai dari hari ini. Usai pelantikan pada Minggu, 20 Oktober 2019 kemarin, Joko Widodo dan K.H Ma’ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Seiring dengan itu, nomenklatur kementerian juga ada beberapa yang mengalami perubahan. Melansir Detik.com, ada beberapa kementerian yang mengalami perubahan nomenklatur. Perubahan nomenklatur kementerian tersebut antara lain :

  • Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menjadi Kementerian Lingkungan Hidup
  • Kementerian Agraria dan Tata Ruang dengan KLHK dileburkan menjadi Kementerian Agraria Tata Ruang dan Kehutanan
  • Badan Ekonomi Kreatif menjadi Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif
  • Badan Koordinasi Penanaman Modal menjadi Kementerian Investasi
  • Kementerian Pemuda dan Olahraga menjadi Badan Khusus Olahraga
  • Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek) menjadi Kementerian Pendidikan Tinggi
  • Kementerian Pariwisata dan Kemendikbud dileburkan menjadi
    Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan.

Sedangkan kementerian lainnya tidak mengalami perubahan nama hanya saja dikabarkan akan ada beberapa kementerian yang dipimpin oleh Menteri dan wakil Menteri.

Seperti dilansir Tribunnews.com, terdapat kementerian yang dikabarkan akan memiliki wakil Menteri antara lain: Kementerian Pertahanan, Kementerian Informatika dan Komunikasi.

Presiden Jokowi juga membenarkan akan ada perubahan nomenklatur kementerian beserta perubahan nama-nama Menteri di jajaran kabinetnya yang baru. Nama-nama Menteri yang membantu Jokowi-Ma’ruf rencana akan diumumkan pada Senin pagi ini. Tokoh-tokoh yang mendatangi Istana negara hari ini mengenakan kemeja putih. Seperti Mahfud MD, Tetty Paruntu Bupati Minahasa dan Nadiem Makarim CEO Gojek. Hingga saat ini, beberapa tokoh sudah terlihat mendatangi Istana Negara namun pengumuman resmi dari Presiden tentang nama Kabinet Kerja Jilid II masih menunggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PANGAN DAN PERTAHANAN NEGARA

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran. Tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapa…