Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – ‎ Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberangkatkan kapal rumah sakit KRI dr. Soeharso (990) ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pasca terjadi gempa di wilayah tersebut.

Ilustrasi kapal rumah sakit

Menurut Hadi, selain kapal rumah sakit tersebut, TNI juga mengerahkan batalion kesehatan dari Batalion Kesehatan 1/Kostrad dan Batalion Kesehatan 2/Marinir.

“Mereka membawa seluruh perlengkapan yang dibutuhkan seperti tenda lapangan, dapur lapangan dan lainnya,” kata Hadi dalam keterangannya, Jakarta, Senin (6/8/2018).

Panglima TNI menambahkan, seluruh pasukan batalion kesehatan tersebut akan diberangkatkan Senin pagi, menggunakan pesawat angkut Hercules C-130 TNI Angkatan Udara. Seperti diketahui, wilayah Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali diguncang gempa dahsyat sebesar 7,0 Skala Richter.

 

Gempa 7,0 SR tersebut terjadi pada 5 Agustus 2019 pukul18.36 WIB dengan koordinat 8,37 lintang selatan dan 116,4 bujur timur dengan kedalaman 15 kilometer.

Akibat gempa ini dilaporkan 82 korban tewas, diantaramya 65 orang berasal dari Lombok Utara. Sementara korban jiwa di Lombok Barat 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Kota Mataram 4 orang, dan Lombok Timur 2 orang.‎

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Panglima TNI Kirim Kapal Rumah Sakit KRI dr. Soeharso ke Pulau Lombok, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/08/06/panglima-tni-kirim-kapal-rumah-sakit-kri-dr-soeharso-ke-pulau-lombok.
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Aplikasi PeduliLindungi Tracing Kontak Covid-19 Aman, Tapi Hati-Hati Palsuannya!

Jakarta, RakyatRukun.com – Melansir CNNIndonesia.com tanggal 18 April 2020, Pemerint…