Jakarta (RakyatRukun.com) – Dilansir dari laman seputarpapua.com , Pasar Sentral Timika, Kabupaten Mimika, dinobatkan sebagai Pasar Digital pertama di Provinsi Papua. Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob secara resmi meluncurkan aplikasi LinkAja yang menjadi sarana transaksi pembayaran secara digital, Rabu (13/11) di Pasar Sentral Timika. Wabup Mimika sempat melakukan transaksi dengan membeli Sagu dari pedagang setempat melalui aplikasi LinkAja. Untuk diketahui, aplikasi LinkAja merupakan layanan keuangan berbasis elektronik yang merupakan hasil kerjasama berbagai perusahan di Kementerian BUMN. 

Pembayaran untuk transaksi jual beli akan menggunakan aplikasi LinkAja. Dimana, setiap pedagang akan memiliki barcode tersendiri. Untuk menggunakannya, pembeli hanya menempelkan ponsel  (TAP) atau dengan QR Code ke barcode penjual sehingga secara otomatis uang telah masuk ke rekening penjual. Laporan apabila pembeli telah membayar akan diterima penjual melalui sms banking. 

Kemudahan bertransaksi dengan LinkAja salah satunya adalah bertransaksi tanpa uang kembali dan beres tanpa cas. 

Dalam sambutannya, Wabup John mengatakan, Kabupaten Mimika perlu berbangga karena pasar Sentral Timika merupakan Pasar Digital pertama di Provinsi Papua. 

alt text
Wabup Mimika Johannes Rettob melakukan transaksi pembayaran melalui Aplikasi LinkAja saat membeli kebutuhan pokok di Pasar Sentral Timika. (Foto: Hadija/SP)

“Di Papua inilah Pasar Digital pertama. Untuk itu kita harus berbangga,” ungkapnya

Untuk itu, John meminta, pedagang juga menjaga kebersihan dan kerapian dalam berjualan sehingga menambah daya tarik pembeli. John menambahkan, peluncuran aplikasi LinkAja memambah sederet aplikasi dan program yang telah dilakukan pemerintah yang didukungan sektor swasta dalam rangka mengimplementasikan Mimika Smart City . 

“Semoga dengan adanya program seperti ini bisa menjadikan masyarakat kita sejahtera,” kata John

Di tempat yang sama Kepala Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Timika, Soekarno berharap, dengan adanya launching digitalisasi transaksi di Pasar Sentral Timika bisa menjadi suatu kegiatan yang mendukung Mimika smart city. 

“Semoga ini menjadi langkah awal kita untuk mendukung smart city di Kabupaten Mimika,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Selamat Hari Korpri, 48 Tahun Berkarya, Melayani, dan Menyatukan Bangsa

Jakarta (RakyatRukun.com) – Dilansir dari laman Kompas.com, Pada setiap 29 November …