Jakarta (RakyatRukun.com) – Pemerintah menambah cuti bersama pada daftar libur nasional dan cuti bersama tahun 2020. Hal ini disampaikan oleh Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Muhadjir mengatakan, penambahan libur ini terkait dengan upaya pemerintah mengembalikan gairah ekonomi, khususnya pariwisata di Indonesia.

“Siang hari ini di Kemenko PMK telah dilaksanakan rapat tingkat menteri yang dihadiri Menag, Menaker, MenPANRB dan ada Sekjen Kemendagri dan Menparekraf. Sesuai dengan arahan Pak Presiden supaya libur pada tahun 2020 untuk dievaluasi kembali,” kata Muhadjir di Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Senin (9/3).

Terdapat empat hari cuti bersama yang ditambahkan pada tahun 2020. Tambahan tersebut telah disepakati dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri nomor 174 tahun 2020 dan SKB nomor 1 tahun 2020.

“Rapat merumuskan menambah empat hari libur 2020 yang semula 20 hari menjadi 24 hari,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy usai rapat, Senin (9/3).

Berikut tambahan libur-cuti bersama:

  1. Tahun Baru Islam: 21 Agustus
  2. Maulid Nabi Muhammad: 30 Oktober
  3. Idul Fitri: 28 Mei dan 29 Mei

Penambahan cuti bersama tersebut diungkapkan Muhadjir sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Tambahan cuti tersebut diharapkan dapat berdampak bagi ekonomi.

“Pertimbangannya adalah bahwa penetapan hari libur yang tepat akan memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional,” terang Muhadjir.

SKB tersebut ditandatangani oleh tiga menteri. Antara lain Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahyo Kumolo.

Dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo. Selain itu ada pula perwakilan dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang hadir dalam rapat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Jumlah Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Menjadi 6 Orang

Jakarta (RakyatRukun.com) – Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Co…