Setelah resmi dilantik sebagai Presiden Ri 2019-2024, Joko Widodo atau Jokowi langsung menyusun kabinet barunya. Sejumlah nama telah dipanggil ke Istana Kepresidenan.

Orang pertama yang hadir ke Istana adalah Mahfud Md. Berbaju putih dan celana putih, Mahfud datang sekitar pukul 09.33 WIB. Dia mengaku dipanggil oleh Presiden Jokowi. “Saya dipanggil,” ucapnya.

Tak lama berselang, Bupati Minahasa Christiany Paruntu merapat ke istana. Dengan baju putih lengan panjang khas baju “dinas” menteri, dia datang sekitar pukul 10.05 WIB. “Ini memang kerja. Belum tahu belum tahu,” katanya saat ditanya, Selasa.

Tak lama setelah Christiany, giliran Nadiem Makarim merapat ke istana. Bos Gojek ini juga datang dengan baju khas putih dan celana hitam. Nadiem langsung masuk ke Istana begitu tiba. “Saya dipanggil Presiden,” ujarnya singkat.

Mantan bos NET TV Wishnutama menjadi orang keempat yang mendatangi Istana Kepresidenan. Dia datang sekitar pukul 11.09 WIB. Wishnutama datang dengan baju putih dan celana hitam, khas ‘baju dinas’ menteri Jokowi. “Semalam saya dihubungi protokol istana untuk datang bertemu presiden hari ini,” ujarnya yang dikutip dari liputan6.com.

Setelah Wishnutama, mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir, menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta. Erick tiba di Istana pukul 11.11 WIB.

Erick datang mengenakan kemeja putih dan celana hitam saat datang ke Istana. Namun, dia enggan berkomentar soal pemanggilannya hari ini. “Nanti, nanti,” kata dia.

Mantan Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin mengatakan akan ada perubahan nomenklatur kementerian di periode kedua pemerintahan Jokowi. Setidaknya ada 10 kementerian yang mengalami perubahan nomenklatur. 

“Mudah-mudahan itu tidak ada perubahan lagi. Itu yang diprediksi akan ada nomenklatur baru dari bapak Presiden seperti itu,” kata Ngabalin saat dihubungi, Senin (21/10/2019).

Dia membeberkan, 3 dari 10 nomenklatur adalah kementerian baru. Yakni ada investasi, pemuda dan olahraga, serta lingkungan. 

Presiden Jokowi memanggil Kapolri Jenderal Tito Karnavian ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/10/2019). Tito tiba di Istana sekitar pukul 12.10 WIB dengan mengenakan pakaian dinas Polri.

Saat ditanya terkait kedatangannya, Tito menduga untuk membicarakan masalah keamanan. “Dipanggil presiden, tapi saya kira ini mengenai situasi kantibmas. Kemarin pelantikan, pengamanan pelantikan,” kata Tito.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…