Salah satu poin penting yang menjadi sorotan dalam pidato Presiden Jokowi saat pelantikannya adalah penyederhanaan birokrasi. Jokowi mewanti-wanti para pejabat untuk bekerja dengan baik demi tercapainya pembangunan Indonesia. “Penyederhanaan birokrasi harus terus kita lakukan besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan. Prosedur yang panjang harus dipotong.”, kata Jokowi dalam pidatonya.

Presiden melanjutkan, “Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi.”

Presiden Jokowi juga menyampaikan kepada para menteri agar para pejabat dan birokrat serius dalam menjamin tercapainya tujuan program pembangunan. Bagi yang tidak mengindahkannya, Jokowi mengancam, tidak akan segan-segan untuk mencopot jabatannya.

Selain hal tersebut, beberapda agenda lain yang menjadi prioritas Presiden dalam masa jabatannya 5 tahun kedepan adalah pembangunan SDM, kelanjutan pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, dan transformasi ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Aplikasi PeduliLindungi Tracing Kontak Covid-19 Aman, Tapi Hati-Hati Palsuannya!

Jakarta, RakyatRukun.com – Melansir CNNIndonesia.com tanggal 18 April 2020, Pemerint…