Peresmian Bendungan di Mila Dompu

Peresmian Bendungan Mila di Dompu. Setelah diresmikan Presiden Jokowi, bendungan mila menjadi destinasi wisata. Bendungan Mila berada di Desa Rababaka dan Desa Matua, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu kini sedang menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Dompu. Pasalnya pada tanggal 17 Januari 2019 lalu tempat ini baru diresmikan.

Bendungan Mila merupakan bendungan multifungsi untuk mendukung kontinuitas suplai air Daerah Irigasi (DI) Rababaka seluas 1.689 hektar di Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu sehingga Indeks Pertanaman diharapkan meningkat dari 186 persen menjadi 300 persen. Bendungan dengan tipe urugan zona inti tegak setinggi 36 m memiliki kapasitas tampung sebesar 6,73 juta m3 dengan luas genangan 99 hektar.

Peresmian Bendungan Mila di Dompu

Selain itu, Bendungan Mila menjadi sumber air baku sebesar 100 liter per detik untuk Kecamatan Woja dan Dompu, serta mereduksi banjir sebesar 142,57 m3/detik di Kecamatan Woja. Bendungan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata, perikanan dan konservasi SDA di Kabupaten Dompu.

Lokasi tempat ini terbilang strategis karena terletak di pegunungan. Suasana sejuk membuat masyarakat betah untuk berlama-lama menikmati pemandangan sekitar. Di sepanjang perjalanan menuju ke sini, wisatawan disuguhkan dengan pemandangan lahan jagung warga sekitar.

Bendungan ini sangat ramai, dipenuhi pengunjung yang datang bersama sanak famili. Biasanya warga ramai datang ke Bendungan Mila pada hari sabtu dan minggu sore. Berbagai aktivitas dilakukan warga seperti senam bersama, menikmati pemandangan sekeliling waduk yang memukau atau sekedar berfoto di depan nama Bendungan Mila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…