Irak, (RakyatRukun.com) – Ribuan warga Irak mengikuti prosesi pemakaman Komandan Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani dan wakil komandan milisi pro-Iran, Abu Mahdi al-Muhandis, yang tewas dalam serangan drone Amerika Serikat (AS). Perdana Menteri (PM) Irak, Adel Abdul Mahdi, juga ikut hadir dalam prosesi ini.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (4/1/2020), dalam prosesi ini, jenazah Soleimani diarak di jalanan Irak sebelum dibawa ke Iran untuk dimakamkan di kampung halamannya. Teriakan ‘Matilah Amerika’ membahana di kalangan warga Irak yang menghadiri seremoni tersebut.

Arak-arakan dimulai dari sebuah kuil di Kadhimiya, distrik Syiah di Baghdad, menuju ke Zona Hijau — distrik diplomatik dan pemerintahan Iran — yang akan menjadi lokasi digelarnya seremoni pemakaman kenegaraan. Para pejabat tinggi dan ulama Irak turut menghadiri seremoni tersebut.

Selain untuk Soleimani, seremoni pemakaman juga digelar untuk wakil komandan milisi Hashed al-Shaabi — milisi Irak pro-Iran, Abu Mahdi al-Muhandis, yang juga tewas dalam serangan AS pada Jumat (3/1) kemarin. Diketahui banyak anggota Hashed al-Shaabi yang tergabung dengan pasukan keamanan Irak.

Total 10 orang — lima warga Irak anggota Hashed dan lima warga Iran personel Garda Revolusi — tewas dalam serangan drone militer AS di luar kompleks Bandara Internasional Baghdad pada Jumat (3/1) pagi waktu setempat.

Jenazah Soleimani bersama jenazah korban tewas lainnya ditempatkan di dalam peti yang diletakkan di truk pikap, dengan diselimuti bendera nasional masing-masing. Truk pikap berjalan perlahan di tengah lautan manusia berpakaian serba hitam. Beberapa bahkan tampak membawa foto pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

PM Abdul Mahdi turut hadir dalam seremoni tersebut. Dia dilaporkan bergabung bersama rekan-rekan Muhandis juga bersama ulama Syiah, Ammar al-Hakim dan mantan PM Irak, Nuri al-Maliki, serta tokoh milisi Irak yang pro-Iran lainnya.

Usai menjalani seremoni di Irak, jenazah Soleimani dan empat warga Iran lainnya akan diterbangkan ke Iran pada Sabtu (4/1) malam waktu setempat. Pemakaman terhadap Soleimani akan digelar di kampung halamannya di Kerman, Iran bagian tengah, pada Selasa (7/1) mendatang.

Pernyataan Garda Revolusi Iran menyebut jenazah Soleimani akan dibawa ke kota suci Mashhad, setibanya di Teheran. Di Masshad, akan digelar seremoni pemakaman di mana jenazah Soleimani akan disemayamkan di sebelah kuil Imam Reza.

“Seremoni akan digelar di Teheran pada Senin (6/1) pagi dan kemudian jenazah tentara rakyat dan negara ini akan dimakamkan di Kerman pada Selasa (7/1) pagi,” demikian pernyataan Garda Revolusi Iran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dahnil Anzar Simanjuntak: Pertahanan Itu Bukan Opini dan Tagar Sosmed

Jakarta (RakyatRukun.com) – Dilansir dari laman kompasiana blog milik Dahnil Anzar S…