Presiden Joko Widodo menyebut dalam membangun infratruktur tidak ada kepentingan sedikit pun baik bisnis maupun politik. Dirinya benar-benar murni menginginkan agar pembangunan bisa dirasakan di luar Pulau Jawa.

Presiden Jokowi (Foto: Okezone)

Menurut Jokowi, jika dirinya ingin berpolitik maka dirinya bisa saja dengan cara memusatkan pembangunan di Pulau Jawa. Sebab menurutnya, 60% penduduk Indonesia berada di Jawa.

Pun sama jika dirinya berniat membangun infrastruktur secara bisnis. Menurutnya, membangun infrastruktur di Pulau Jawa memiliki bisnis yang menggiurkan apalagi investor pun banyak sekali yang berminat jika infrastruktur dibangun secara bisnis di Pulau Jawa.

“Infrastruktur bangun dibagian Utara saya kira enggak banyak airport pelabuhan tambah sedikit, investor pasti akan masuk tapi itung-itungan politik, ekonomi bisnis. Kita ini mengelola negara,” ujarnya dalam acara HUT Kadin di Ritz Carlton, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Namun dirinya memilih untuk mengepung kepentingan bisnis dan politik untuk pemerataan pembangunan di Indonesia. Sebagai salah satu contohnya adalah perbedaan jalanan yang ada di Jawa dan Papua sana.

Mayoritas jalan di Jawa sudah beraspal meskipun ada beberapa yang sudah rusak. Namun di Papua sana jalan masih berlumpur dan sulit dilalui kendaraan ketika musim hujan.

“Indonesia bukan hanya Jawa saja. Memiliki 17 ribu pulau. Saya lihat ketimpangan infrastruktur betul betul sangat mencolok dan kurangnya lebat sekali. Sering saya sampaikan jalan yang ada di Papua Merauke ke Baoven ini jalan utama,” jelasnya.

Lagi pula lanjut Jokowi dengan pemerataan pembangunan infrastruktur maka bisa berdampak positif juga bagi Indonesia. Sebab peringkat kompetitifnya Indonesia juga bisa naik.

“Bagaimana negara ini bisa bersaing mempunya daya saing yang baik kalau infrastruktur jalan kita seperti itu fakta mungkin,” jelasnya.

Sumber : https://economy.okezone.com/read/2018/09/24/320/1955086/presiden-jokowi-tegaskan-pembangunan-infrastruktur-bukan-untuk-bisnis-atau-politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Aplikasi PeduliLindungi Tracing Kontak Covid-19 Aman, Tapi Hati-Hati Palsuannya!

Jakarta, RakyatRukun.com – Melansir CNNIndonesia.com tanggal 18 April 2020, Pemerint…