Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan faktor dari lambatnya pengiriman BBM dan bantuan kebutuhan pokok untuk para pengungsi gempa Palu. Sebabnya kata Presiden, hingga kini jalur transportasi baik darat ataupun udara masih rusak karena gempa.

Presiden Jokowi Ungkap Sulitnya Hadapi Medan di Palu Pasca Gempa

“Darat juga masih ada jembatan yang runtuh, longsoran yang itu juga menghambat,” kata Presiden kepada wartawan usai menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Senin (1/10/2018) seperti dikutip dari setkab.go.id.

Meski demikian kata Presiden, kemarin bandara sudah bisa dipakai meskipun baru 2000 meter (landasannya) tapi ini segera dalam satu minggu ini diselesaikan sehingga normal kembali kehidupan masyarakat disana.

Diakui Presiden Jokowi memang problem-problem ini baru sehari dua hari sehingga semuanya kaget, semuanya syok, meskipun hal-hal itu harus diselesaikan.

Adapun mengenai bantuan makanan, Presiden Jokowi menegaskan hari ini akan dikirim sebanyak-banyaknya dengan pesawat hercules dari Jakarta langsung ke Palu.

“Ada beberapa pesawat, kemudian nanti ada lagi yang diambil dari Balikpapan dan Makassar yang lebih dekat,” tegas Presiden Jokowi seraya menambahkan, problem problem kita di lapangan memang keluhannya seperti itu.

BBM juga hari ini diharapkan sudah bisa masuk ke Palu karena pesawat khusus tangki BBM itu sudah akan di arahkan kesana. “Saya kira problem problem itu yang secepatnya harus kita tangani sebelum masuk ke tahapan yang kedua,” ungkap Presiden Jokowi.

Mengenai jaringan komunikasi yang rusak, Presiden Jokowi menjelaskan, lebih dari 1000 BTS juga dalam keadaan rusak. Namun semuanya sudah mulai diproses, meski memerlukan waktu.

“Ini juga akan kita lihat keadaan di Donggala seperti apa, kita sudah lihat keadaan di Parigi Moutong seperti apa, di Sigi seperti apa, semuanya, memang, ini belum kelihatan karena proses evakuasi masih berjalan,” pungkas Presiden Jokowi.

Sumber : https://infonawacita.com/presiden-jokowi-ungkap-sulitnya-hadapi-medan-di-palu-pasca-gempa/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Aplikasi PeduliLindungi Tracing Kontak Covid-19 Aman, Tapi Hati-Hati Palsuannya!

Jakarta, RakyatRukun.com – Melansir CNNIndonesia.com tanggal 18 April 2020, Pemerint…