Jakarta (RakyatRukun.com) – Kementrian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia akhirnya memiliki Wakil Menteri Pertahanan, yakni Sakti Wahyu  Trenggono. Pria yang juga pengusaha di bidang telekomunikasi, dikenal sebagai Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf saat Pilpres 2019 lalu. Pria yang akrab disapa Mas Treng ini, akan mendampingi Prabowo Subianto diangkat sebagai orang nomor satu di Kemhan.

“Saya siap bekerja membantu menteri pertahanan untuk mengembangkan sektor industri pertahanan,” kata Trenggono usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jumat (25/10/2019).

Trenggono mengaku terbiasa hidup prihatin sejak kecil. Dia mengungkapkan harus hidup prihatin ketika kuliah di ITB. Bahkan, untuk membayar uang kuliah saja, keluarganya harus menjual tujuh ekor kambing. Selain itu, dia sangat yakin bisa maju. Karena itu, saat perusahaan besar sekaliber PT Astra International Tbk datang ke ITB untuk mencari karyawan potensial, pria yang hobi minum kopi itu langsung mendaftar. Di perusahaan tersebut, Trenggono diterima dalam program Astra Basic Training atau saat ini lazim disebut management trainee.

Bergabung di Astra membuka pintu kesuksesan buat Trenggono. Banyak hal yang dipelajarinya, mulai dari membangun infrastruktur IT, sampai membangun budaya perusahaan hingga mengembangkan pabrik. Dengan jabatan akhir Senior General Manager atau setingkat direktur di anak usaha Astra, Trenggono akhirnya memutuskan untuk mundur dari Astra. Mundur dari Astra, dia kemudian membangun bisnis sendiri. Yaitu, bisnis penyedia infrastruktur telekomunikasi menara yang ketika itu belum berkembang.

Di awal tahun 2000-an, Trenggono melihat Indonesia sedang memasuki era teknologi mobile telekomunikasi dengan munculnya sejumlah operator seluler dan pengguna ponsel yang terus tumbuh. Dia pun berkesimpulan, kebutuhan telekomunikasi mobile akan makin besar di masa mendatang sehingga perlu ditangkap peluang membangun infrastrukturnya yaitu menara alias tower BTS.

Sukses di bidang bisnis, dia merambah ke dunia politik. Pada masa kepemimpinan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2009-2014 Hatta Rajasa, Trenggono ditunjuk sebagai Bendahara PAN, meski di tengah jalan mengundurkan diri. Tak lama kemudian pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Trenggono masuk dalam tim sukses pasangan calon Jokowi-Jusuf Kalla. Begitupun dalam Pilpres 2019, Trenggono ditunjuk menjadi Bendahara Umum TKN Jokowi-Ma’ruf.

Dengan ditunjuknya Wahyu Trenggono menjadi Wakil Menteri Pertahanan, Presiden Jokowi telah menghidupkan kembali fungsi dan peranan Wamenhan seperti pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelumnya Wamenhan pernah dijabat oleh Letnan Jendral (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin pada Masa Jabatan 2010-2014.

Selamat bertugas Wahyu Trenggono sebagai Wakil Menteri Pertahanan RI Masa Jabatan 2019-2024. Negara membutuhkan terobosan dan kinerjamu di bidang industri pertahanan. Semoga pertahanan dan keamanan negeri ini menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…