Arus balik lebaran pada Senin (10/6) pagi ini masih terlihat macet dan dipadati oleh kendaraan yang menuju Jakarta sekitarnya. Walaupun hari Minggu kemarin dinyatakan sebagai puncak arus balik lebaran, namun kelihatannya tidak mengurangi arus kendaraan yang sedang menuju Jakarta. Melansir Kompas.com (10/6), Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin menuturkan, kemacetan terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama dan jalur tol Cikampek.

Untuk mengurai kepadatan, khususnya di ruas tol Cikampek, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperpanjang sistem satu (one way) arah dari Kalikangkung (KM 414) dan kemacetan akibat penerapan one way diprediksi memang terjadi. Namun, pihaknya menerapkan asas prioritas dengan pemudik yang kembali ke Ibu kota diutamakan sehingga diterapkan one way. Melansir dari Liputan6.com, sebelumnya sistem satu arah ini diberlakukan hanya sampai jam 07.00 WIB namun akan diperpanjang sampai pukul 24.00 WIB.

Imbas dari diberlakukannya kebijakan diskresi one way di Cikampek, perjalanan ke luar Jakarta dialihkan ke jalan non-tol. Semua kendaraan yang mengarah ke luar Jakarta tumpah di Jalan Raya Kosambi-Jalan Jenderal Ahmad Yani. Jalan tol Cipularang baru bisa diakses melalui jalan kawasan industri di Karawang, Jawa Barat. Melansir viva.co.id, perjalanan dari Jakarta ke jalan Tol Cipularang yang mengarah ke Bandung serta Cileunyi, ditempuh lebih dari delapan jam pada Senin dini hari hingga pagi, 10 Juni 2019. Biasanya, perjalanan hanya memerlukan waktu kurang dari satu jam melalui jalan Tol Cikampek.

Senin Pagi, Arus Balik Lebaran Masih Macet

Bahkan sampai siang ini, Jasa Marga mengabarkan suasana melalui akun twitternya @PTJASAMARGA tentang kondisi di tol menuju Jakarta masih terpantau padat.

Aksi Demo Penumpang Kapal

Selain di gerbang tol, penumpukan penumpang juga masih terjadi Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung sampai pagi ini. Benyamin mengatakan, hal itu dikarenakan kapal yang ada tidak dapat mengimbangi jumlah pemudik. Dikutip dari Kompas.com (8/6), kepadatan arus balik lebaran di pelabuhan Bakauheni sudah berlangsung sejak hari Sabtu (8/6) lalu. Ratusan penumpang kapal yang masih menetap di ruang tunggu sempat melakukan aksi demo di Jalur masuk dan keluar dermaga III,IV,V dan VI Pelabuhan Bakauheni, Lampung.  Namun TNI/Polri berupaya mendinginkan suasana penumpang dan memperlancar arus kendaraan di jalan masuk dermaga. Para petugas memberi pengertian dan negoisasi kepada para penumpang yang pada akhirnya penumpang pun tidak lagi melakukan pemblokiran jalan masuk.

Jalanan Ibu Kota Kembali Macet

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari akun Twitter resmi PT Jasa Marga, kemacetan terjadi di tol dalam kota. Arus lalu lintas di Tol Cawang arah Kuningan terpantau macet. Kemacetan ditengarai karena tingginya volume kendaraan. Pagi tadi jasa Marga menginfokan melalui akun twitternya bahwa jalanan di Cawang menuju Tebet padat dan Semanggi arah Tomang juga terpantau padat dan diberlakukan sistem contraflow atau lawan arus.

Senin Pagi, Arus Balik Lebaran Masih Macet

Dilansir Okezone.com, puncak kepadatan arus balik Lebaran diperkirakan akan terus belangsung mulai hari Minggu (9/6) sampai H+3 Lebaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Aplikasi PeduliLindungi Tracing Kontak Covid-19 Aman, Tapi Hati-Hati Palsuannya!

Jakarta, RakyatRukun.com – Melansir CNNIndonesia.com tanggal 18 April 2020, Pemerint…