Jakarta, RakyatRukun.com- Menindaklanjuti kebijakan Presiden Joko Widodo mengenai keringanan biaya listrik di musim pandemi corona ini, PLN akhirnya menyiapkan tata cara program tersebut.

Dalam kebijakan tersebut akan ada pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50 persen kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini akan dilakukan bertahap.

Ia mengatakan, kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu.

Cara Akses Listrik Gratis dan Diskon

Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar (reguler) akan langsung dibebaskan tagihannya pada April, Mei dan Juni.

Sementara untuk pelanggan golongan 450 VA prabayar (token), dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WhasApp dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www. pln.co.id.

Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen.

Sementara bagi pelanggan prabayar (token), token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Cara Akses Listrik dan Token Gratis

Untuk mengecek kode token listrik di rumah, simak cara mudah yang bisa dilakukan, dikutip dari situs resmi PLN dan berbagai sumber:

– Melihat langsung di meteran listrik

Cara paling mudah untuk mengetahui daya listrik di rumah, yakni mengeceknya langsung di meteran listrik.

– Cek pada struk pembayaran

Kode listrik dapat dicek pada nota atau struk pembayaran. Cek informasi daya pada struk lisrik tersebut.

– Cek di Laman Resmi pln.co.id dan Aplikasi PLN Mobile

Cara lain untuk megecek kode token yakni lewat laman resmi pln.co.id.

Isi ID Pelanggan/Nomor Meteran, isi nama pelanggan, dan isi tarif serta daya listrik kita.

– Cek di bukalapak.com

Untuk mengecek kode token listrikmu apakah mendapatkan subsidi dari pemerintah atau tidak yakni lewat aplikasi belanja online bukalapak.com, atau klik link berikut >>>Cek Token<<<

Isi kolom ‘Nomor Meter/ ID Pelanggan’ lalu pilih nominal. Kemudian langsung muncul kode token di bagian bawahnya.

– Melalui WhatsApp

Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. Setelah itu, token gratis akan muncul

Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran sesuai ID Pelanggan

Batas Waktu 1 April sampai 11 April 2020

PLN juga menyampaikan bahwa periode penukaran kode listrik gratis dan diskon ini terbatas mulai tanggal 1 April dan paling lambat tanggal 11 April 2020.

“Yang sudah dimulai pada tanggal 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” kata Suprateka dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Jangan sampai lupa dan ketinggalan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PANGAN DAN PERTAHANAN NEGARA

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran. Tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapa…