Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dan pokok untuk kemajuan sebuah bangsa

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dan pokok untuk kemajuan sebuah bangsa. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan ujung tombak peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebuah bangsa. Tanpa pendidikan yang baik, bangsa akan semakin sulit bersaing karena ini berkaitan dengan bagaimana kualitas SDM bangsa tersebut.

Dikarenakan pentingnya pendidikan dalam sebuah bangsa, pasangan calon Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mempunyai program unggulan sendiri mengenai pendidikan. Salah satunya adalah Probowo – Sandi akan menghapuskan UN menjadi program utama di bidang pendidikan. Menurut Yandri Sunsanto wakil ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo – Sandiaga dikutip dari Merdeka.com “Kami yakin dengan pengahapusan Ujian Nasional itu bisa membuat dunia pendidikan kita semakin nyaman, semakin baik.”

Menurut Yandri, sampai pada saat ini pelaksanaan Ujian Nasional (UN) masih memiliki banyak kendala. Mulai dari kebocoran soal ujian hingga biaya operasional yang mahal.”  Mengenai kurikulum pendidikan, Prabowo – Sandi akan memfokuskan pada pembangunan karakter budi pekerti yang tetap mengacu pada nilai – nilai kebangsaan. Kemudian Sandiaga juga mengutip keluhan dari seorang pelajar asal Madura, Salsabila umur yang mengatakan bahwa kurikulum pada saat ini terlalu berat. Dia pun berjanji akan berusaha menghapus UN kemudian membuat program penerusan minat dan bakat sebagai pengganti UN. Hal ini dikarenakan juga nilai UN tidak bisa membuat siswa masuk perguruan tinggi yang diinginkan dengan hasil UN tersebut.

Program Kerja Prabowo - Sandiaga Uno
Program Kerja Prabowo – Sandiaga Uno

Pada program penerusan minat dan bakat ini bisa dilakukan dengan menggandeng pihak universitas dan dunia kerja. Sebagai contoh bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi diberikan saluran komunikasi dengan perguruan tinggi yang dituju. Dengan begitu akan terjalin komunikasi sedini mungkin dengan siswa, sehingga siswa juga diharapkan dapat mempersiapkan pengetahuan yang berkaitan dengan perguruan tinggi tersebut.

Kemudian bagaimana dengan yang ingin langsung bekerja? Pada prinsipnya sama. Yaitu pihak sekolah menjalin komunikasi sedini mungkin dengan siswa dan pihak terkait lapangan pekerjaan. Agar siswa juga memahami apa kebutuhan dari dunia kerja tersebut. Kemudian siswa mempersiapkan dengan baik apa yang dibutuhkan oleh dunia pekerjaan yang dituju.

Kemudian juga bersamaan dengan program penghapusan UN menurut Sandi dikutip dari Sindonews.com, pendidikan di Indonesia harus tuntas berkualitas. Dengan adanya peningkatan kualitas pendidikan pada kualiatas dan kesejahteraan guru. Terutama kesejahteraan dan status guru honoror. Agar guru sebagai komponen pendidik dapat fokus dalam pembangungan karakter dan akhlakul karimah.

Dan juga untuk menghidupkan kompetisi siswa antar sekolah dan meningkatkan mental bersaing siswa pasangan Prabowo – Sandi melalui Koordinator Juru Bicara BPN Danhil Anzar Simanjuntak,  akan menganggarkan 10 persen dari dana pendidikan untuk difokuskan pada penyelenggaraan kompetisi, mulai dari olahraga hingga pengetahuan baik pengetahuan alam maupun pengetahuan sosial.

Dalam penyelenggaraannya sendiri kompetisi dapat digelar pada setiap tahunnya. Hal ini mengikuti kompetisi-kompetisi olahraga pada negara maju contohnya.” Atlet-atlet basket itu lahir dari liga-liga sekolah dan liga-liga kampus,” ungkap Danhil pada Kompas.com.

Maka itu program Prabowo – Sandi dengan fokus ke pembangunan karakter dan penginkatan kompetesi sebagai usaha untuk membangun mental bersaing siswa merupakan program utama di bidang pendidikan bagi pasangan calon Prabowo – Sandi. Program tersebut untuk mempersiapkan generasi muda penerus bangsa, agar memiliki karakter budi pekerti yang berbasis kebangsaan dan mempunyai daya saing yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dua Prajurit TNI AD Kembali Gugur Dalam Kontak Senjata Dengan OPM

Papua (RakyatRukun.com) – Anggota Kopassus asal Dairi, Sumut, Lettu Inf Erizal Zuhri …