Surabaya (RakyatRukun.com) – Kasdim Tipe A 0831 Surabaya Timur, Mayor Inf Sumarji, menggelar sosialisasi bela negara kepada rautasn pelajar SMK 10 Surabaya, bertempat di Aula SMK 10 Surabaya, Senin, (16/12/19).

Seperti yang diberitakan dalam laman duta.co, Mayor Inf Sumarji menuturkan dalam materinya bahwa era saat ini yaitu era globalisasi dengan kemajuan tekhnologi dan informasi yang luar biasa, menjadikan dunia tanpa batas. Kemajuan tekhnologi informasi banyak menawarkan budaya baru yang mana jika tidak berhati-hati akan menggeser budaya bangsa.

“Fakta yang terjadi saat ini Pancasila terlupakan, hal ini dibuktikan dengan banyak masyarakat yang lupa teks Pancasila, tidak ada lagi P4, tawuran antar pelajar, bangga dengan budaya asing, pertikaian antar agama, lebih bangga terhadap negara lain, mengutamakan kepentingan pribadi/golongan, gotong royong mulai pudar, gaya hidup mewah, narkoba dan kriminal,” paparnya.

Masih Kasdim, bela negara harus dilakukan seluruh komponen warga negara Indonesia untuk mencegah dan mengantisipasi segala bentuk tantangan, hambatan, gangguan dan ancaman.

Kasdim melanjutkan, bela negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI, guna meniadakan setiap ancaman yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.

“Nilai-nilai yang dikembangkan dalam bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, memiliki kemampuan awal bela negara,” imbuhnya.

Mayor Sumarji berpesan, sebagai generasi tunas bangsa harus paham nilai perjuangan bangsa, memiliki disiplin tinggi, memiliki keyakinan akan kebenaran dan kesaktian Pancasila sebagai ideologi dan falsafah hidup.

“Tetap bertegang teguh pada adat istiadat dan nilai budaya bangsa, memiliki kasih sayang sesama dan membangun kerukunan, memiliki sopan santun, menghargai orangtua, guru dan sesame,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…