Jakarta – Pasifik Satelit Nusantara (PSN) berhasil meluncurkan satelit komunikasi broadband Nusantara 1 pada 08.45 WIB, Jumat (22/2). Nusantara 1 merupakan satelit pertama Indonesia dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS).

Nusantara 1 diluncurkan dari Cape Canaveral, Amerika Serikat menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX milik Elon Musk. Nusantara 1 akan menuju slot orbit 146 derajat Bujur Timur tepat di atas Papua.

Setelah sampai di sana, satelit akan melakukan in orbit test . Satelit akan melakukan uji coba selama kurang lebih tiga minggu sebelum beroperasi untuk memancarkan sinar broadband. HTS yang dapat memberikan layanan internet broadband dengan kapasitas lebih besar sampai dengan 15 Gbps atau sekitar tiga kali lipat kapasitas satelit konvensional.

Falcon 9

Satelit Nusantara 1, dibangun oleh SSL Maxar Technologies untuk perusahaan telekomunikasi satelit Asia. Satelit telekomunikasi itu akan memberikan Indonesia berbagai layanan seperti konektivitas internet, komunikasi suara, dan distribusi video.

Muatan terakhir di atas pesawat adalah pesawat ruang angkasa eksperimental kecil untuk Laboratorium Penelitian Angkatan Udara AS. Pesawat ruang angkasa yang dinamai S5 itu akan melakukan misi satu tahun.

Ini adalah kali kedua SpaceX meluncurkan dan mendaratkan roket Falcon 9 dengan tiga muatan sekaligus. Perusahaan ini membuat sejarah pada bulan Desember dengan menjadi perusahaan pertama yang menerbangkan roket kelas orbit yang mendaratkan tiga muatan sekaligus.

Sumber : CNN Indonesia | CNBC Indonesia | https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/02/22/spacex-sukses-luncurkan-satelit-indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…