Jakarta, (RakyatRukun.com) –  Nama Mantan Gubernur Sulawesi Selatan periode 2008 hingga 2018 Syahrul Yasin Limpo resmi menjadi Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju. Politisi dari Partai Nasdem itu diperkenalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara lesehan di Istana Kepresidenan Rabu pagi (23/10/2019). Kepada awak media seusai bertemu Presiden Jokowi, Syahrul Yasin Limpo menuturkan dia mendapat amanat untuk memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia di bidang pertanian.

Sebelum sesukses sekarang, Syahrul pernah bersekolah di Universitas Hasanuddin tahun 1983 dengan mengambil jurusan Hukum. Kemudian, melanjutkan pendidikan pasca sarjana LAN tahun 1999, pasca sarjana di Universitas Hasanuddin tahun 2004 dan program doktoral di kampus yang sama tahun 2008.

Sebagai Menteri Pertanian di Kabinet Indonesia Maju Jokowi, Syahrul Yasin Limpo lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 16 Maret 1955. Dia merupakan putra dari mendiang Muhammad Yasin Limpo, tokoh pergerakan Sulawesi Selatan, dengan sang ibu Nurhayati Yasin Limpo. Keluarga Yasin Limpo sendiri dikenal berjaya sejak tahun 1945. Ketika itu, Kolonel Muhammad Yasin Limpo (ayah Syahrul) menjadi salah satu bagian dari Angkatan 45 dan pendiri Golkar Sulsel, membuatnya jadi tokoh paling dihormati di Gowa.

Istrinya, Nurhayati, juga pernah menjadi anggota DPR. Syahrul dan kakaknya, Ichsan Yasin Limpo, sama-sama pernah menjadi Bupati Gowa. Kini setelah Ichsan tiada, anaknya, Adnan Purichta Ichsan, yang menduduki jabatan Bupati Gowa.

Partai Politik

Kariernya di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dimulai ketika dia diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil pada 1980. Jabatan penting yang pernah dia pegang antara lain Sekretaris Wilayah Daerah Tingkat II Kabupaten Gowa pada 1991, maupun Kepala Biro Humas Setwilda Tingkat I 1993. Kiprah politiknya dimulai ketika dia menjadi kader Golkar, dan dipercaya sebagai Bupati Kabupaten Gowa periode 1994 hingga 2002.

Setelah itu dia naik mendampingi Amin Syam sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pada 2003 hingga 2008 sebelum menantang Amin. Bersama pasangannya Agus Arifin Nu’mang, Syahrul Yasin Limpo adalah pemimpin pertama Sulawesi Selatan yang dipilih secara langsung. Dia mengemban jabatan tersebut selama dua periode, dari 2008 hingga 2018. Adapun sejak 2018, dia berpindah dari Golkar ke Nasdem.

Syahrul Yasin Limpo menjadi Menteri Pertanian menggantikan Arman Sulaiman yang juga berasal dari Sulawesi Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…