Singapura, Rakyat Rukun – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura menegaskan tetap mendampingi tiga WNI yang diduga terkait dengan jaringan teroris. Ketiga WNI yang ditangkap polisi Singapura itu adalah Anindia Afiyantari, Retno Hernayani, dan Turmini.

“KBRI telah memberikan pendampingan hukum dan kunjungan kekonsuleran selama mereka ditahan,” kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha, Rabu (23/10).

Konsuler Pensosbud KBRI Singapura Ratna Lestari Harjana juga menyatakan, telah melihat kondisi tahanan ketiga WNI yang didakwa mendanai terorisme.  “Dapat dipastikan kondisi ketiga PMI tersebut baik dan mereka mendapat perlakuan baik dan dipenuhi hak-haknya, termasuk diizinkan beribadah,” kata Ratna.

Dakwaan untuk ketiga WNI itu berdasarkan investigasi Kepolisian Singapura yang menunjukkan mereka mendapat dana dari beberapa orang di Indonesia dari September 2018 hingga Juli 2019. Tak diungkap siapa sosok yang menyalurkan dana kepada ketiganya.

“Mereka memiliki dasar sendiri bahwa dana tersebut akan dipakai untuk memfasilitasi tindakan terorisme di luar negeri,” sebut keterangan Kemendagri Singapura seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (23/10).

Kementerian Dalam Negeri Singapura menjelaskan, Retno mengumpulkan dana sebesar 140 Dolar Singapura atau setara Rp 1,4 juta selama Maret sampai April 2019. Anindia Afiyantari mengumpulkan 130 Dolar Singapura setara Rp 1,3 juta dan Turmini sebesar 1216 Dolar Singapura setara Rp 13 juta.

Kemendagri Singapura menegaskan, pengumpulan uang untuk pendanaan terorisme masuk dalam kejahatan serius di bawah UU anti-terorisme di Singapura.

Ketiga wanita tersebut saat ini sudah mendekam di penjara Singapura. Mereka ditahan sejak September 2019 lalu.

Sumber : https://www.channelnewsasia.com/news/singapore/indonesian-maids-charged-isa-terrorism-financing-mha-12027548

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

“JASMERAH”, Mengenang Bung Tomo, Pengobar Semangat Peristiwa 10 November 1945

Jakarta (RakyatRukun.com) – Peristiwa 10 November 1945 menjadi salah satu bagian sej…