Jakarta, RakyatRukun.com – Bagi beberapa orang, tinggal di rumah seharian, berhari-hari bahkan berminggu-minggu bisa saja menjadi sangat membosankan. Sudah hampir tiga pekan sejak pemerintah menganjurkan untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah dari rumah sebagai dampak dari penyebaran Covid-19 atau Virus Corona di Indonesia.

Semua aktivitas masyarakat hingga para pemimpin di negeri ini terpaksa dilakukan secara online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Namun demikian, sudah banyak hal yang telah dilakukan masyarakat untuk mengusir kebosanan selama tetap tinggal di rumah sampai batas waktu yang belum diketahui.

Namun bagaimana jika aktivitas yang dilakukan dirumah juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang? Tentu menarik bukan. Berikut adalah tips-tips yang bisa dilakukan agar tetap produktif dan mengasilkan uang dari rumah, sehingga jauh dari kebosanan.

Membuat Video Vlog

Siapa sangka jika aktivitas membuat video vlog selama social distancing ini bisa menjadi kenangan nantinya setelah kejadian penyebaran Covid-19 ini berlalu nantinya. Dengan membuat video dari cerita dan pengalamanmu selama social distancing ini siapa tahu bisa menarik audiens untuk melihat dan menyaksikan kegiatanmu. Karena selama social distancing teman-teman bahkan masyarakat diluar sana juga membutuhkan hiburan selama di rumah. Jangan lupa untuk membuat video kegiatan yang bermanfaat atau kegiatan lucu yang bisa kamu bagikan untuk menarik subscriber di akun Youtubemu.

Memasak Makanan Kesukaan dan Menu Baru

Jika selama ini kamu tidak sempat untuk memasak menu kesukaanmu karena sibuk bekerja dan belajar, selama social distancing ini bisa dimanfaatkan untuk memasak makanan kesukan atau mencoba untuk belajar memasak menu-menu baru di dapur. Siapa sangka kebiasaan barumu ini bisa kamu bagikan kepada teman-teman atau tetanggamu, yang saat ini juga hanya bisa diam dirumah. Bergabung dengan jasa pengantar online bisa membantumu untuk mendistribusikan makanan dan menu-menu baru yang kamu buat.

Menulis Buku

Bagaimana dengan menulis buku tentang perkembangan situasi saat ini di Indonesia. Bahkan pengalamanmu untuk tetap aman selama social distancing, caramu mengatasi kebosanan di rumah bahkan hal-hal buruk yang kamu alami selama tetap tinggal di rumah juga bisa kamu jadikan sebuah cerita atau histori yang nantinya akan bermanfaat suatu saat. Bayangkan jika cerita yang kamu tulis ini bisa menjadi sebuah buku, dan jika menarik bisa menjadi sebuah film dokumenter bahkan dilirik oleh para sutradara.

Membuat Kerajinan Tangan

Coba pikirkan kerajinan tangan yang bisa kamu buat dan nantinya bisa di jual kepada teman-teman dan tetanggamu bahkan di jual secara online. Pengalaman seorang teman, dia membuat kerajinan anting-anting berbahan tasel yang dia jual melalui media Instagramnya. Mungkin kamu bisa membuat ide lain yang bisa kamu lakukan selama sosiacl distancing.

Menganti Desain Interior Rumah

Suasana di rumah biasanya menggambarkan bagaimana pemiliknya. Jika Anda mulai tidak betah menghabiskan waktu di rumah berlama-lama, bahkan mulai uring-uringan saat berada di rumah, mungkin sudah saatnya Anda mengganti desain interior rumah.

Seorang pakar desain interior yang juga penulis buku berjudul Happy by Design, Victoria Harrison mengatakan, menciptakan sesuatu yang baru di rumah dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan aksen warna kuning dalam ruangan supaya memberikan kesan mencerahkan ruangan.

Membuat Rencana Liburan

Menjadi hal menarik untuk membuat rencana liburan selama melakukan social distancing di rumah. Buat rencana liburan jika penyebaran Covid-19 ini telah berlalu. Cari tahu tempat tujuan yang sangat ingin kamu kunjungi jika semua situasi ini berlalu. Dengan demikian kamu bisa kembali bersemangat dengan membayangkan betapa indahnya dan serunya tujuan wisata yang ingin kamu kunjungi setelah Corona berlalu. Tentu saja kamu bisa membuka Open trip bersama teman-temanmu dan bisa menambah pundi-pundi uangmu.

Menjadi Relawan Pencegahan Covid-19

Tertarik untuk menjadi relawan untuk membantu pemerintah melalui komunitas dan Lembaga pemerintahan? Tentu saja hal ini harus kamu pikirkan matang-matang dan dipersiapkan dari sisi mental dan fisik. Jangan sampai malah tertular, sebaiknya kamu adalah orang yang disiplin untuk menjaga diri agar tetap aman selama menjadi relawan. Dengan keinginan kuat untuk membantu negara, kamu bisa mendaftarkan diri untuk menjadi relawan demi pencegahan dan memberikan pelayanan kepada pasien Covid-19.

Bagaimana dengan tips diatas, tertarik untuk melakukannya?

Dengan tetap semangat dan produktif serta disiplin mengikuti anjuran dari pemerintah, mudah-mudahan kita tetap bisa berfikir positif dan tetap sehat selama melakukan social distancing hingga wabah ini segera berlalu. Perbanyak beribadah dan menyerahkan diri dan kekhawatiran kepada Tuhan Yang Maha Esa juga bisa menolong kita untuk tetap bersukacita ditengah situasi negara saat ini.

Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi oleh Soli Agrina Tarigan.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Aplikasi PeduliLindungi Tracing Kontak Covid-19 Aman, Tapi Hati-Hati Palsuannya!

Jakarta, RakyatRukun.com – Melansir CNNIndonesia.com tanggal 18 April 2020, Pemerint…