Tujuh Bandara di Indonesia Terima Penghargaan Dunia
Tujuh Bandara di Indonesia Terima Penghargaan Dunia
Tujuh Bandara di Indonesia Terima Penghargaan Dunia

Tujuh bandara Indonesia meraih penghargaan ASQ Awards dari Badan Bandara Internasional (ACI) dalam kategori fasilitas dan infrastruktur terbaik di dunia. Ini merupakan raihan positif kendati bandara-bandara tersebut berada di daerah.

Namun demikian, para pengelola bandara di Tanah Air harus tetap berinovasi di masa mendatang untuk menyambut jumlah penumpang udara yang diprediksi terus tumbuh. Hal ini sesuai proyeksi International Air Transport Association (IATA) yang memperkirakan trafik penumpang udara tahun ini naik 7,5%.

Tujuh Bandara di Indonesia Terima Penghargaan Dunia

Penghargaan tersebut juga diharapkan dapat memacu bandara lain di Indonesia untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penggunanya. Dalam daftar yang dikeluarkan ACI, ketujuh bandara yang mendapat penghargaan tersebut adalah Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang dan Sultan Thaha di Jambi yang meraih penghargaan Airport Service Quality (ASQ) Departure Awards untuk kategori bandara terbaik dengan penumpang di bawah dua juta orang.

Kemudian, Bandara SM Badaruddin II di Palembang dan SS Kasim II di Pekanbaru meraih penghargaan yang sama untuk skala dua hingga lima juta penumpang. Bandara Sepinggan di Balikpapan juga meraih penghargaan untuk kategori lima hingga 15 juta penumpang. Yang paling menarik adalah Bandara Internasional Silangit di Siborong-borong, Indonesia yang menjadi bandara paling meningkat pelayanannya.

Penghargaan lain adalah untuk bandara dengan kategori lingkungan dan suasana terbaik untuk penumpang di bawah dua juta orang. Bandara tersebut adalah Depati Amir di Pangkal Pinang, RH Fisabilillah di Bintan, Silangit di Tapanuli, dan Sultan Thaha di Jambi. Keempat bandara tersebut juga meraih penghargaan untuk kategori fasilitas dan pelayanan terbaik.

“ASQ Awards merayakan pencapaian bandara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, dan mereka merepresentasikan penghargaan tertinggi bagi operator bandara di seluruh dunia,” ujar Direktur Jenderal ACI World Angela Gittens melansir situs ACI kemarin.

Gittens mengungkapkan, baik kategori baru maupun tradisional, bandara tersebut merespons kebutuhan penumpang yang semakin meningkat dan menginginkan pelayanan yang lebih baik. “Bandara-bandara yang memberikan pelayanan terbaik adalah alat bisnis penting untuk meningkatkan kemampuan industri yang kompetitif,” paparnya.

Pada saat bersamaan, ACI mengumumkan bandara dengan kualitas pelayanan terbaik di seluruh dunia. Bandara yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah bandara internasional Indianapolis Beijing, Changi Singapura, dan Toronto Pearson. Bandara Changi di Singapura selalu mendapatkan penghargaan dalam setiap kategori ASQ Awards.

Selain itu, Aeroporto di Roma, Chhatrapati Shivaji di Mumbai, Indira Gandhi di Delhi, Shanghai Pudong, dan Sheremetyevo. Untuk Bandara Internasional Kempegowda di Bangalore, India, pertama kali memenangkan penghargaan untuk kategori Kedatangan yakni ASQ Awards.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Aplikasi PeduliLindungi Tracing Kontak Covid-19 Aman, Tapi Hati-Hati Palsuannya!

Jakarta, RakyatRukun.com – Melansir CNNIndonesia.com tanggal 18 April 2020, Pemerint…